Kamis, April 18, 2024

Pemkab Pessel Gaet Anggaran Pusat Kembangkan Objek Wisata Jembatan Kaca di Timbulun Painan

Must read

Pessel, dutametro.com — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan gaet anggaran pemerintah pusat dalam pengembangan objek wisata Jembatan Kaca di Timbulun Painan.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan, pengembangan objek wisata Jembatan Kaca merupakan bagian dari pengembangan potensi wilayah dan peluang investasi kepariwisataan di Pesisir Selatan.

“Direncanakan mulai tahun 2023, tahun ini sudah mulai perencanaannya,” ungkap Bupati Rusma Yul Anwar sela kegiatannya di Painan.

Pengembangan objek wisata jembatan kaca ini selain mengandalkan APBD, Pemkab juga melakukan lobi anggaran ke pemerintah pusat.

Anggaran untuk pengembangan objek wisata kaca ini diestimasikan menelan Rp 25 miliar.

Selain mematangkan pengkajian sebagai studi kelayakan, Pemkab sudah mulai melakukan pembebasan lahan.

“Setelah perencanaan keluar, DED keluar. Itu nanti yang kita coba jual ke Kementerian Pariwisata maupun PUPR. Mudah-mudahan jembatan kaca ini pertama di Sumbar,” terangnya.

Pesona jembatan kaca menjadi wisata hits di beberapa lokasi. Tidak hanya di Indonesia. Jembatan kaca terpanjang di dunia saat ini terletak di China. Jembatan ini panjangnya mencapai 526 meter dengan lebar 8,5 meter.

Selain di luar negeri, Indonesia juga memiliki beberapa tempat wisata jembatan kaca. Seperti jembatan Kaca Buntu Burake di Sulawesi Selatan.

Jembatan Brendeng di Tangerang bentuk dan warnanya menarik dan sejumlah daerah lainnya. Mc/ns

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article