Kamis, Maret 28, 2024

Pemkab Solok Selatan kembali serahkan bantuan korban gempa kepada Pemkab Pasaman Barat

Must read

28 Februari lalu Pemkab Solok Selatan menyerahkan bantuan korban gempa kepada Pemkab Pasaman Barat.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas kembali menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman, yang diterima langsung oleh Bupati H. Benny Utama di rumah dinas Bupati Pasaman, Senin (21/3/2022).

Bantuan ini merupakan solidaritas Pemerintah Kabupaten yang menggalang dana dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, sebut Bupati.

“Kami di Solok Selatan turut berduka atas musibah yang dialami masyarakat Kabupaten Pasaman,” sebut Khairunas.

Adapun bantuan yang disalurkan adalah uang tunai 100 juta rupiah dan berupa barang 10 kardus Mie, 19 Karung beras serta 10 juta dari Baznas Solok Selatan.

Dalam penyerahan bantuan ini, disambut dan diterima langsung oleh Bupati Pasaman dengan jamuan makan siang di Balairung Pusako Anak Nagari Lubuk Sikaping itu. 

Bupati Benny Utama menyebut, meskipun setelah berakhirnya masa tanggap darurat 14 hari pasca gempa,  sejak 11 Maret 2022 Pemkab Pasaman menetapkan masa transisi darurat menuju pemulihan di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, yang merupakan daerah terparah terdampak gempa bumi Pasaman.

Pada fase pemulihan ini, masyarakat yang tinggal di tenda pengungsian dihimbau untuk kembali ke rumah masing-masing, sedangkan yang rumahnya rusak berat, akan dibangunkan hunian sementara pada lokasi rumah mereka terdahulu, tambah Benny Utama.

Bupati Pasaman sangat berterimakasih atas bantuan dan keperdulian Pemkab Solok Selatan atas musibah yang menimpa sebagian masyarakat Pasaman. 

‘’Bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di daerah ini”, tutur Bupati Pasaman.

Selain itu, pertemuan juga dilakukan dengan penandatanganan kerjasama antar daerah, antara Kabupaten Pasaman dengan Kabupaten Solok Selatan.

Turut mendampingi Bupati pada penyaluran bantuan ini Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, S.IP, MM dan Kepala OPD terkait. (Met)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article