Kamis, April 18, 2024

Wakil Ketua DPRD Pasaman hadiri acara tradisi ‘’Balimau’’ Masyarakat Kenagarian Aia Manggih Selatan

Must read

Lubuk Sikaping,dutametro.com-Wakil Ketua DPRD Pasaman hadiri acara tradisi ‘’Balimau’’ Masyarakat Kenagarian Aia Manggih Selatan.Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Agama Republik Indonesia, telah resmi mengeluarkan maklumat penetapan 1 Ramadhan 1444 H pada tanggal 23 Maret 2023. Menanggapi hal ini, sebagai Upaya Pelestarian Adat dan Budaya Minangkabau dalam menyambut Bulan Ramadhan, satu hari sebelum puasa Masyarakat Kenagarian Aia Manggih Selatan melaksanakan tradisi balimau baarak arak, pada sore hari Rabu,22 Maret 2023.

Acara Arak dimulai dari Masjid Raya Jihad Ambacang Anggang mengelilingi kampung dan kembali lagi ke Masjid Raya. Acara Baarak arak Arak Balimau menyambut bulan ramadhan 1444 H dihadiri Oleh Wakil Ketua DPRD Pasaman Danny Ismaya SP yang juga Ninik Mamak bergelar Sandaran, Wali Nagari Aia Manggih Selatan, Herizon, Ketua Bamus, Datuak Bandaro Basa, Rajo Bingkalang, Indomajo , Rajo Katib Taufik Hidayat, Katib Jo Lelo, Katib Syaridin, Pokiah Ibrahim serta Niniak Mamak, Bundo Kandung, Pemuda pemudi dan ratusan masyarakat Ambacang Anggang lainnya yang berjumlah sekitar 300 orang.

Wakil Ketua DPRD Pasaman menyatakan tradisi ini merupakan agenda rutin tahunan yang telah turun temurun terlaksana di Kenagarian Aia Manggih Selatan yang dahulunya kejorongan Ambacang Anggang, namun sempat terhenti akibat covid-19 dalam dua tahun belakangan.

Dijelaskan Oleh Ninik Mamak bergelar sandaran ini, tujuan acara arak arakan ini adalah untuk menjaga silaturrahmi dan saling memaafkan dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan,’’ Ujar Danny

Lanjut Danny acara baarak Balimau ini juga sebagai rasa syukur dalam menyambut Bulan Ramadhan yang penuh berkah, sekaligus mempererat hubunngan antara Ninik Mamak, Tokoh Agam, Bundo Kanduang dan Masyarakat,’’ungkap Wakil Ketua DPRD Fraksi PKS Pasaman mengakhiri.i(Fajri)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article