Selasa, Juli 16, 2024

SRI HIDAYANI SONNY BERIKAN SOSIALISASI CTPS KEPADA SISWA SD N 13 PPB

More articles

PADANG PANJANG, dutametro.com – Suasana riang dan gembira mewarnai pagi menjelang siang di SD N 13 Padang Panjang Barat (PPB), Kamis (21/3).

Saat itu Penjabat (PJ) Ketua TP PKK Kota, Sri Hidayani Sonny, S.E, Ak hadir memberikan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada siswa sekolah yang ada di Kelurahan Tanah Hitam ini.

Sosialisasi pentingnya CTPS dibawakan dengan cara yang menarik, dibalut dengan interaksi dan bernyanyi bersama. Setiap pertanyaan yang benar oleh siswa diganjar bingkisan kue untuk berbuka puasa. Sedangkan nyanyian yang disenandungkan, berisi langkah CTPS agar mudah diingat siswa.

Adapun langkah CTPS yang benar yaitu, basahi kedua tangan dengan air bersih mengalir. Gunakan sabun pada tangan secukupnya. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya. Gosok punggung tangan dan sela jari. Lalu gosok telapak tangan dan sela jari dengan posisi saling bertautan.

Sri Hidayani hadir didampingi Lurah Tanah Hitam, Wetriko, S.Sos, bersama sejumlah pengurus TP PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan. Ia mengatakan, tangan merupakan media yang paling cepat menyalurkan kuman sehingga berpengaruh terhadap kesehatan. Bila kuman masuk ke tubuh, maka akan menimbulkan penyakit. Di antaranya infeksi cacing, diare dan infeksi saluran pernafasan.

“Jadi biasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan. Sehabis buang air besar dan kecil. Sebelum menyiapkan makan,” ujarnya seraya juga mengajak siswa mencuci tangan setibanya di rumah, menghindari kontaminasi benda-benda yang bisa saja mengandung kuman, dan tak sengaja tersentuh sewaktu di sekolah.

Kepala SDN 13 PPB, Amal Hidayat S.Pd mengucapkan terima kasih atas kehadiran ketua TP PKK kota dan tim yang menyosialisasikan CTPS. “Ilmu yang sangat berharga dengan sosialisasi yang gampang dipahami siswa,” tuturnya. ….. (pul/ harris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest