Kamis, April 25, 2024

Tim Safari Ramadhan Propinsi Sumatera Barat mengunjunjungi Kabupaten Solok Selatan

Must read

Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Kabupaten Solok Selatan. TSR Provinsi Sumbar langsung dipimpin oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy beserta rombongan.

Kegiatan Safari Ramadhan tim Pemprov Sumbar ini dilaksanakan di Musala Al-Furqon jorong Sawah Lawe Nagari Pakan Rabaa Selatan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kamis, (21/4/2022)

Tim TSR Provinsi disambut Wabub Solsel Yulian Efi, Wakil Ketua DPRD beserta anggota, OPD, Forkompinda, unsur Pemerintahan Kecamatan hingga Nagari dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Wabub mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kedatangan rombongan TSR Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin oleh Wagub Sumbar. Kunjungan tersebut merupakan suatu kehormatan bagi Pemkab Solsel dan seluruh masyarakat.

“Alhamdulillah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami karena Pak Wagub datang dan berkunjung ke daerah kami ini. Dan kami selalu mendoakan agar Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur dapat berbadan sehat, dan bisa menjalankan seluruh tugasnya dengan baik. Karena selama bulan puasa ini, beliau melakukan kunjungan ke kabupaten kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat,” beber Wabub.

Wagub dalam pidatonya mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menilai sektor pertanian, peternakan dan perkebunan merupakan tulang punggung perekonomian di Kabupaten Solok Selatan.

“Provinsi tidak punya wilayah, yang punya wilayah itu kabupaten/kota. Jadi program-progam pasti disalurkan untuk daerah. Nah, sekarang Pemprov Sumbar punya alokasi anggaran APBD yang cukup besar dibidang pertanian dan Peternakan” ujar Audy.

Menurutnya, alokasi anggaran di sektor pertanian cukup besar, dialokasikan Pemprov Sumbar sekitar 10 persen dari APBD.

“Ini sebenarnya tinggal dari kabupaten/kota yang mengajukan ke Pemprov Sumbar supaya membantu kelompok-kelompok tani dan ternak di daerah,” jelasnya lagi.

Selain itu, imbuhnya, Pemprov Sumbar juga punya banyak program lain seperti program ternak Ayam, terus bibit benih, perikanan dan perhutanan, juga ada program di sektor infrastruktur, pariwasata dan sebagainya.

“Tinggal nanti dari daerah mana yang banyak aktif dan punya inovasi yang penting, dan kreatif untuk mencari dana, bukan hanya dana APBD kabupaten/kota saja tapi juga ke tingkat Provinsi bahkan dana pusat,” Sebut Wagub lagi.

Wagub mengatakan, kabupaten Solsel termasuk dapat pilot projects dari Kementerian Pertanian, program Seribu Sapi di Kecamatan Sangir.

“Nah, ini kan bahwasanya bukti pemerintah kabupaten Solsel juga bergerak mencari bantuan dari luar APBD. Inovasi dan kreativitas ini sebenarnya yang bisa membantu daerah untuk berkembang, mencari sumber-sumber pendanaan dari luar,” tutupnya.

Kegiatan Safari Ramadhan tim Pemprov Sumbar dilaksanakan di Musala Al-Furqon jorong Sawah Lawe Nagari Pakan Rabaa Selatan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), disalurkan bantuan sebesar Rp20 juta. (Met)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article