Minggu, Juli 21, 2024

Distan Pulpis Upayakan Penambahan Mesin Pencacah Rumput

More articles

PULANG PISAU ,dutametro.com.- Distan Pulpis Upayakan Penambahan Mesin Pencacah Rumput.Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau Godfridson melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Ibrahim mengatakan, mesin pencacah rumput akan mempermudah para peternak untuk mengolah pakan dan dapat menghemat tenaga.

Sebab, pengolahan pakan ternak menggunakan mesin pencacah tersebut tentunya pakan yang sekali diolah bisa dimanfaatkan. sampai lima hari ke depan.

“Apalagi saat ini kelompok tani kita di Pulpis banyak memiliki ternak lebih dari 10 ribu ekor sapi dan kambing. Jadi, dengan adanya mesin pencacah rumput ini sangat mempermudah kelompok tani mengolah pakan tiap harinya,” sebutnya, Senin (22/4/2024) di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, mesin pencacah kapasitas kecil tersebut pada tahun 2023 yang lalu telah disalurkan sebanyak tiga unit untuk wilayah Kecamatan Maliku dan Kecamatan Pandih Batu karena wilayah tersebut merupakan daerah sentra ternak di Pulang Pisau.

“Kedepannya bantuan itu akan kita usulkan kembali dan semoga saja tahun 2024 ini ada penambahan mesin pencacah termasuk nantinya untuk Kecamatan Kahayan Hilir dan Kecamatan Sebangau Kuala,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini untuk populasi ternak sapi di Pulang Pisau melihat dari ketersedian rumput mampu menampung 62.000 sapi. Akan tetapi, saat ini baru mencapai 10.000 ternak sapi dan masih memiliki kekurangan yang cukup banyak sekitar 52.000.

“Untuk permasalahan ini, kami sudah bermohon kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah maupun Kementerian agar kita bisa mendapatkan lebih banyak jumlah ternak dan fasilitas pendukung lainnya,” pungkasnya.(R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest