Jumat, Maret 29, 2024

Diplomasi Bakso Sultan, Hangatkan Diskusi Geopolitik-Dagang Bersama Dubes & Anggota Parlemen Polandia

Must read

 Duta besar Beata Stoczynska dan beberapa anggota Parlemen Polandia di kediaman Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin malam tadi, Rabu (21/09) meninggalkan kesan diplomatik yang cukup menggembirakan di tengah panas dingin isu geopolitik dan hubungan dagang antara Indonesia-Polandia saat ini.

Didampingi oleh beberapa Senator, Sekjend dan para Kepala Biro DPD RI, mantan ketua HIPMI Bengkulu itu mengawali pembicaraan dengan secara antusias memperkenalkan sambil mempersilahkan para tamunya menikmati makanan khas andalan masyarakat Indonesia Bakso.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada yang mulia Sahabat Saya Ibu Dubes beserta semua rombongan Parlemen Polandia di kediaman kami. Perjumpaan yang istimewa yang diawali dengan Bakso ini diharapkan akan menghasilkan pembicaraan yang produktif bagi hubungan bilateral, khususnya pada hubungan Perlemen antara kedua negara” ungkap Sultan mengawali pembicaraannya.

Diketahui, kehadiran Duta besar beserta rombongan anggota parlemen Polandia yang salah satunya membidangi masalah energi dan mineral ke Indonesia, bersamaan dengan terjadinya masalah dagang Indonesia-Polandia. Masalah tersebut adalah akibat rendahnya kualitas batubara yang diekspor Indonesia dan berujung protes Pemerintah Polandia.

“Kami sangat bahagia bahwa sejauh ini, hubungan bilateral kita sudah dibangun secara baik di banyak sektor, meskipun saat ini terdapat kesalahan kecil yang patut kami akui. Tapi kami meyakini perjalanan hubungan bilateral kita masih panjang untuk dilewati dengan perasaan saling hormat dan menguntungkan”, kata Sultan disambut senyum dan tepuk tangan para tamu yang hadir.

Selain menyajikan Bakso, Sultan juga mengajak para tamu yang sudah beberapa hari berada di Jakarta mengelilingi perpustakaan pribadi dan foto para tokoh dunia. Setelahnya para tamu diajak menikmati pertunjukan life music sambil kembali melanjutkan diskusi ringan terkait peluang bisnis dan investasi, termasuk situasi geopolitik khususnya perang antara Rusia-Ukraina.

Dubes Polandia mengakui bahwa pihaknya sangat tidak nyaman dengan tindakan invasi Rusia ke Ukraina. Kami merasa bersalah dengan Saudara-saudara kami di Ukraina yang hidup dalam suasana militerisasi yang mencekam, sementara kami masih bisa menikmati pertunjukan music dan berdansa bersama.

“Perang memiliki dampak yang luar biasa bagi kemanusiaan, bukan hanya bagi kedua negara, tapi terhadap komunitas internasional. Kami meyakini Indonesia memiliki rasa solidaritas yang sama terhadap rakyat Ukraina”, ujar Dubes Beata Stoczynska sebelum menyanyikan sebuah lagu bersama Senator Sultan.

Sebagai penutup, Beata Stoczynska mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam Senator Sultan yang luar biasa. Sebuah pengalaman diplomatik yang luar biasa bersama para Senator parlemen Indonesia.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article