Kamis, Maret 28, 2024

Terapkan Intruksi Mentri Dalam Negeri, Penjagaan Pelabuhan Jangkar dan Perbatasan Diperketat

Must read

Situbondo, Duta Metro.Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini diprediksi aktifitas masyarakat akan meningkat, dimana fokus Pemerintah sekarang sedang gencar-gencarnya dalam mencegah/menanggulangi kasus penyebaran Covid-19, terutama mengantisipasi varian baru Omicron yang sudah muncul di Indonesia.

Tidak ingin lonjakan kasus Covid-19 terjadi di Situbondo, Kapolres Situbondo AKBP Achmad Imam Rifai, S.H., S.I.K., M.PICT., M.ISS. berserta Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Neggy Kuntagina, S.I.P. mengecek kesiapan pengamanan Nataru di pelabuhan penyeberangan Jangkar, Rabu 22/12/21sore.

Dalam kunjungannya, Kapolres bersama Dandim didampingi Kabag Ops, Kasat Lantas, Forpimka Jangkar, Komandan Pos AL Jangkar, Satpolairud, KSOP Kelas IV Panarukan di Jangkar, Kepala lapangan pelabuhan Jangkar, KKP kelas 2 probolinggo di Panarukan dan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Jangkar.

Kapolres Situbondo menjelaskan,Dalam pengecekan dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi pelabuhan Jangkar menjelang Nataru guna mempersiapkan pengamanan yang nantinya akan digelar Operasi Lilin Semeru 2021. Selain itu akan diterapkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 dan Kemenhub diantaranya bagi para penumpang tentang Vaksinasi, Rapid Antigen, scan aplikasi peduli lindungi, validasi terhadap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) di pintu masuk dan pintu keluar. 

“ Jelang Nataru, Polres, Kodim dan Pemerintah akan optimalkan penjagaan, pengamanan, dan pemeriksaan terhadap PPDN di pelabuhan Jangkar dan menerapkan Intruksi mendagri Nomor 66 Tahun 2021 “ tuturnya.

Lebih lanjut, Kapolres juga meminta pihak Pelabuhan menambah jumlah petugas kesehatan yang akan melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan di Posko serta menambah ruangan pemeriksaan dan ruangan tunggu.

“ petugas kesehatan juga akan ditambah supaya tidak terjadi antrian yang menyebabkan kerumunan penumpang saat kedatangan maupun keberangkatan “ ucapnya.

Selain pelabuhan, Kapolres juga menegaskan akan mempeketat pengamanan di perbatasan Situbondo yakni di perbatasan Situbondo – Probolinggo, Situbondo – Bondowoso dan Situbondo – Banyuwangi dengan melakukan pemeriksaan terhadap pengendara. 

“ selain pelabuhan, perbatasan jalur darat juga diperketat. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 “ paparnya.

(Sun)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article