Bupati Barru Hadiri Apel Kesiapan Pengamanan Naruta

oleh -54 Dilihat
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 (Dok Anty)
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 dipimpin langsung oleh Kapolres Barru AKBP Yudha Wirajati, S.I.K.,M.H. bertempat di halaman Mapolres Barru, Kamis 22/12/2022.

Dalam sambutan tertulisnya Kapolri Jenderal (Pol) Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si yang dibacakan oleh Kapolres Barru AKBP Yudha Wirajati, S.I.K.,M.H. mengatakan, Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

“Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat,” ucapnya

Dari hasil survei Kemenhub diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini. Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d. 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 – 9 Januari 2023.

Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan. Berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru.

Lanjut, Pada sisi kesehatan kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, terlebih saat munculnya subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular sehingga di himbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

Dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi umum di bandara, terminal dan pelabuhan, maka lakukan pengaturan pengaturan jadwal keberangkatan, dorong pembelian tiket secara online dan lakukan pengaturan arus keluar masuk bersama dengan stakeholder terkait, guna mengantisipasi terjadinya kepadatan penumpang. Selain itu, intensifkan patroli jalan kaki dalam rangka sosialisasi prokes dan mencegah terjadinya kejahatan.

Usai Apel gelar pasukan Operasi Lilin Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si mengingatkan agar selalu respon tanggap cepat agar bersiaga penuh dalam pengamanan kegiatan tersebut.

“Koordinasi pengamanan ditiap level agar berlangsung sinergis, terutama bila ditemukan permasalahan di lapangan agar segera cepat diselesaikan dengan pendekatan yang humanis, ” harap Bupati

Untuk memastikan perayaan Natal dan Tahun Barru berlangsung aman Polres Barru menurunkan Tim Gabungan 96 orang yang terdiri dari personil Polri . Personil TNI, Satpol PP Damkar . Dishub Kominfo, BPBD. Dinas Kesehatan.

Untuk mendukung pelaksanaan dilapangan, Polres Barru menyiapkan Pos Pengamanan (Pos PAM) di Kecamatam Tanete Rilau dan Mallusetasi. Pos Pelayanan (Pos Yan). Pos Terpadu dam Pos 700 Kec. Barru

(Humas/Anty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.