Kapolres Pasaman Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan Jelang Pengamanan Natal Dan Perayaan Tahun Baru

oleh -56 Dilihat
apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022, (Dok Syafrizal)
Kepolisian Resor Pasaman Barat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022, Kamis (22/12/2022) pagi, di halaman Mapolres setempat.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana, dengan demikian diharapkan pengamanan Nataru dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan baik di Kabupaten Pasaman Barat.

Membacakan amanat Kapolri, Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M mengatakan bahwa untuk saat ini bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali sehingga Pemerintah memberikan kelonggaran berbagai aktifitas masyarakat termasuk penyelenggaraan Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah pada PPKM level 1.

“Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia disetiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat, hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan Nataru pada tahun ini,” katanya.

Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, mitra Bhabinkamtibmas, serta stekholders terkait menggelar operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 sampai tanggal 02 Januari 2023.

“Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang di tempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 Pos terpadu guna mengamankan 52.636 objek pengamanan, berbagai hal tersebut tentunya di persiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru agar masyarakat merasa aman dan nyaman sebagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo, bahwa saya minta persiapan seluruh sektor dan stekholders dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat Natal dan Tahun Baru ini betul betul disiapkan agar masyarakat merasa aman dan juga nyaman,” jelasnya.

Kapolres juga memaparkan dalam pembacaan amanat Kapolri, pada pengamanan Nataru terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai, pada sisi kesehatan kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular, melihat hal tersebut, lakukan penguatan prokes terutama pada lokasi-lokasi dengan tingkat interaksi tinggi, menghimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan aplikasi penggunaan peduli lindungi.

Selain itu, pada sisi keamanan terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan maupun penyeberangan antar pulau serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan.

“Jadikan pengaturan lalu lintas pada Idul Fitri sebagai acuan, penerapan kontra flow dan one way pada jalur tol maupun arteleri harus dilakukan secara fleksibel, menyesuaikan dengan situasi dilapangan dan mengacu pada data volume kendaraan dari trafik counting PT. Jasa Marga, selain itu lakukan sosialisasi secara masiv sebelum rekayasa lalu lintas sehingga masyarakat terinformasi dengan baik,” pesan dia.

Dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi umum di bandara, terminal dan pelabuhan, maka lakukan pengaturan jadwal keberangkatan, dirinya mendorong pembelian tiket secara online dan lakukan pengaturan arus keluar masuk bersama dengan stakeholder terkait, guna mengantisipasi terjadinya kepadatan penumpang.

“Selain itu, intensifkan patroli jalan kaki dalam rangka sosialisasi prokes dan mencegah terjadinya kejahatan,” tegas dia.

Melihat hal tersebut, tingkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal, terutama kepada masyarakat yang akan berpergian.

“Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM. Lakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan,” katanya.

Kemudian dihimbau kepada para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan, maupun kenaikan harga. Apabila terdapat upaya spekulan, prosedural, lakukanlah gakkum secara tegas namun jangan sampai mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan.

“Begitu juga dengan BBM, lakukan koordinasi dengan Pertamina, Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait, guna memastikan ketersediaan stok BBM, serta pastikan berbagai layanan Pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, pada pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang tahun 2022, Polres Pasaman Barat telah mengerahkan 110 personel yang tersebar di berbagai wilayah hukum Polres Pasaman Barat.

Pada pelaksanaan Ops Lilin Singgalang 2022, Polres Pasaman Barat mendirikan 2 pos pengamanan dan 3 pos pelayanan yang berada di lokasi rawan macet dan rawan tindak pidana selama pelaksaanaan Operasi Lilin 2022, Pos pengamanan Polres Pasaman Barat berada di Simpang Tiga Ophir, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak NanDuo dan di Tempurung, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali.

Selain pos pengamanan, Polres Pasaman Barat juga mendirikan 3 pos pelayanan yang berada di Bundaran Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, pos yan Sasak berada di Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, serta pos yan Air Bangis yang berada di RTH Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas.

Tidak hanya itu, agar umat Kristiani dapat beribadah dengan khidmat, Kapolres Pasaman Barat mengerahkan personelnya untuk melakukan pengamanan terhadap 21 tempat Ibadah Natal yang tersebar di wilayah hukum Polres Pasaman Barat.

Tamu undangan yang hadir dalam Apel gelar Ops Lilin Singgalang 2022 di Polres Pasaman Barat antara lain, Kajari Pasaman Barat Ginanjar, CP, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat Fataroni, S.H., M.H, Dandin 0305/Pasaman yang diwakili Pabung Mayor Inf. Hamnas Lubis, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setia Bekti, S.H, Kepala Dinas Perhubungan Bakaruddin, S.H, Kalaksa BPBD Azhar, S.Pd., M.M, pihak Jasa Raharja diwakili oleh M. Sefullah, Kasat Pol PP Hendri Wijaya, S.H.

Sedangkan sebagai peserta apel, pleton personel Polres Pasaman Barat, pleton TNI AD Kodim 0305/Pasaman, pleton Dishub, pleton Sat Pol PP Kabupaten Pasaman Barat, pleton BPBD Kabupaten Pasaman Barat, serta pleton Senkom Kabupaten Pasaman Barat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.