Selasa, Juli 23, 2024

Pasca Bencana, PT PLN Indonesia Power UBP Ombilin Salurkan Bantuan di Tanah Datar

More articles

Tanah Datar, Dutametro.com – Dengan dikeluarkannya penetapan status tanggap darurat bencana oleh Pemerintah provinsi Sumatera Barat terhitung sejak 13 mei 2024 sampai 26 Mei 2024, PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Ombilin melalui program Lembaga Amil Zakat (LAZ), Corporate Social Recponsibility (CSR) dan aksi galang sukarela Srikandi PLN IP UBP Ombilin berikan bantuan kepada masyarakat Sebagai bentuk upaya tanggap bencana Galodo yang terjadi di Sumatera Barat.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai, sembako, Lampu emergensi, perlengkapan bayi, perlengkapan makan dan pakaian layak pakai di Kanagarian Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar. Bantuan diserahkan oleh Manager PT PLN Indonesia Power UBP Ombilin , I Nyoman Buda melalui Dinas Sosial Kabupaten Tanah Datar yang secara simbolis diterima di Posko Utama oleh Aslamudin, kepala bidang Dinas Sosial kabupaten Tanah Datar, yang selanjutkan bantuan tersebut langsung diturunkan di posko Nagari Limo Kaum yang merupakan lokasi terparah terkena bencana lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar pada Senin (20/05).

Bencana galodo merupakan istilah lokal yang merujuk pada banjir bandang yang bercampur dengan lumpur dan batu akibat tanah longsor yang dipicu oleh curah hujan tinggi. Bencana yang terjadi pasca meletusnya Gunung Marapi Sumatera Barat ini, mengakibatkan galodo lahar dingin yang telah menelan puluhan korban jiwa dan kerusakan sarana dan prasarana umum maupun pemukiman masyarakat.

Di salah satu lokasi posko pengungsian korban bencana Galodo di kenagarian Limo Kaum, Manager PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Ombilin turut menyampaikan ungkapan bela sungkawa atas musibah yang terjadi di Sumatera Barat khususnya di kenagarian Limo Kaum Kebupaten Tanah Datar.

“Kami mewakili PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Ombilin, menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi di Sumatera Barat, yang terkhusus untuk para korban dan masyarakat Nagari Limo Kaum yang tertimpa musibah agar diberikan kekuatan dan kesabaran. Semoga bantuan yang terkumpul dengan total 31 juta rupiah yang kami galang melalui aksi sukarela oleh srikandi PT PLN IP UBP Ombilin, Corporate Social Responsibility (CSR) dan juga dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) bermanfaat dan dapat meringankan beban saudara kita yang terdampak bencana di Kanagarian Limo Kaum dan juga berkah bagi kami,” ucap Nyoman (20/05).

Lembaga Amil Zakat (LAZ) merupakan wadah untuk penyaluran zakat bagi seluruh pegawai PLN Indonesia Power dan zakat tersebut disalurkan kepada saudara-saudara kami yang membutuhkan.

Dilokasi yang sama wali nagari Limo Kaum Fadhli Tarmizi juga mengucapkan terima kasih kepada PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Ombilin atas bantuan yang telah diberikan.

“Kami dari Pemerintah Nagari Limo Kaum yang mewakili masyarakat Kanagarian Limo Kaum mengucapkan terima kasih karena dengan kedatangan PT PLN IP UBP Ombilin mengembalikan semangat kami melayani masyarakat, tentu ini menjadi pengobat hati bagi masyarakat kami yang tertimpa musibah. Ini juga merupakan jalinan hati untuk bersilahturrahmi kita antar pemerintah Limo Kaum dengan PLTU Ombilin. Alhamdulillah keluarga besar PLTU Ombilin sudah memberikan sumbangan kepada masyarakat dalam bentuk banyak hal, semoga apa yang keluarga besar PLTU Ombilin berikan bermanfaat bagi masyarakat Nagari Limo Kaum dan menjadi pahala bagi keluarga besar PLTU Ombilin,” ucap Fadhli.

Sementara itu salah satu masyarakat yang menjadi korban bencana turut menceritakan bagaimana kejadian air bah yang bercampur lumpur itu tiba-tiba menghantam rumah yang juga ikut menewaskan salah satu keluarga mereka.

Berlokasi di pinggiran sungai simpang manunggal yang dimana wilayah bencana galodo terjadi, I nyoman buda mendatangi ke tempat-tempat pengungsi dan langsung menyampaikan belasungkawa kepada masyarakat yang terdampak.

“Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada Bapak dan Ibu yang tertimpa musibah galodo ini, kami dari perwakilan PLTU Ombilin telah memberikan bantuan ke Posko Limo Kaum, semoga ibu-ibu yang terkena musibah diberikan ketabahan dan segera keadaannya menjadi normal kembali,” pungkas I Nyoman Buda, yang baru menjabat menjadi Manager PT PLN Indonesia Power UBP Ombilin tersebut.

Sekilas Tentang PLN Indonesia Power

PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND_ .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest