Gelar Pamor Keris Situbondo tetap Awasi Prokes Dalam penyebaran Omicron.

oleh -131 Dilihat

SITUBONDO,Duta Metro, Mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron di Jawa Timur khususnya wilayah Kabupaten Situbondo, Polres Situbondo menggelar apel gelar pasukan Pasukan Pamor Keris (Patroli Motor Penindakan Protokol Kesehatan di Masyarakat).

Apel yang digelar di halaman Mapolres Situbondo dipimpin langsung Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. yang dihadiri Forkopimda Situbondo, Senin 24/1/22 Pagi.

Forkopimda yang hadir diantaranya, Sekda Kab. Situbondo, Drs. H. Syaifullah, M.M., Pasiops Kodim 0823 Situbondo Kapten Inf. Basuki Rahmat, Kadinkes Kab. Situbondo, Dwi Herman Susilo, Skm., Kepala Pelaksana BPBD Kab. Situbondo, Drs. Ec. Zainul Arifin, M.Si., Kasatpol PP Kab. Situbondo, Buchari, S.E.T., Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan DPBD Kab. Situbondo, Gatot Trikorawan dan Kasi SDA Satpol PP Kab. Situbondo, Retno S.P., S.E. serta pejabat Utama Polres dan Kapolsek Jajaran Polres Situbondo.

Sesuai amanat Gubernur Jatim Dra Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. menyampaikan bahwa untuk kasus harian varian omicorn saat sudah naik berkisar 800 orang per hari sejak pertama kali masuk ke indonesia pada tanggal 27 November 2021. Menurut epidemiologi diprediksi pada bulan Februari sampai dengan Maret akan mengalami gelombang ketiga pandemi covid-19 dimana di Jawa Timur penambahan kasus varian Omicorn saat ini sekitar 8 orang yang tersebar di kota Malang, kota Surabaya dan kabupaten Malang. Varian Omicorn ini perlu kita waspadai karena daya penularannya lima kali lebih cepat dibandingkan dengan varian Delta.

Sementara itu, menurut data Kemenkes cepatnya penyebaran covid 19 khususnya varian omicron tersebut setidaknya disebabkan oleh 3 faktor variabel pertama rendahnya penerapan protokol kesehatan (berdasarkan data Kemenkes RI pada tanggal 26 Desember 2021 kepatuhan memakai masker mencapai 92,15 persen, sementara pada 2 Januari 2022 turun menjadi 92,14 persen), kedua turunnya kegiatan   testing (pemeriksaan) dan tracing (penelusuran) kontak erat covid-19 serta ketiga adanya peningkatan mobilitas penduduk  khususnya  pada  saat  libur  nataru 2021 kemarin, selain itu adanya pembukaan beberapa pintu kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di beberapa bandara termasuk bandara internasional juanda yang direncanakan akan dibuka pada tanggal 22 Januari 2022 juga menjadi penyebab cepatnya penyebaran covid 19.

Lanjut AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H., bahwa Pamor Keris (Patroli Motor Penindakan Protokol Kesehatan di Masyarakat) dibentuk oleh Polda Jatim bersama Kodam V/Brawijaya dalam rangka melaksanakan Patroli secara rutin dengan sasaran penegakan protokol kesehatan sekaligus juga melaksanakan kegiatan dalam rangka cipta kondisi harkamtibmas di wilayah Jawa Timur.

“ tugas Pamor Keris melaksanakan patroli terpadu TNI Polri guna memantau dan menegakkan protokol kesehatan di masyarakat guna mengendalikan penyebaran Covid-19 sehingga dapat beraktifitas dengan nyaman serta mendukung pertumbuhan perekonomian “ kata AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H.

Usai pelaksanaan apel dilanjutkan patroli keliling pasukan Pamor Keris diseputar Kota Situbondo oleh personil gabungan Polres Situbondo, Kodim 0823, Satpol PP, Dishun, Tagana dan Dinas Kesehatan.(Sun ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.