Jumat, April 19, 2024

Waspada! BMKG: 2 Hari ke Depan Berpotensi Terjadinya Gelombang Laut Tinggi Hingga 4 Meter

Must read

Jakarta, Dutametro.com – Beberapa wilayah perairan Indonesia akan memiliki potensi gelombang laut tinggi hingga 4 meter untuk dua hari kedepan hingga 26 Maret 2023, begitu peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Adapun BMKG mengatakan hal ini karena dipengaruhi oleh adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot.

Sementara diungkapkan BMKG, “Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, perairan Kep. Sangihe – Talaud, dan perairan utara Papua Barat – Papua,” ungkapnya dalam keterangan resminya, Jumat (24/3/2023).

Selanjutnya BMKG pun mengatakan kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1.25-2.5 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh, Samudra Hindia Barat Bengkulu-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Timur, perairan selatan Bali-Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan.

Kemudian, di perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Banten, Samudra Hindia Selatan Bali-NTT, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kep. Sangihe, perairan Kep. Talaud, perairan Kep. Sitaro, perairan Bitung, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Samudra Pasifik Utara Halmahera – Papua, perairan utara Papua Barat-Papua.

Sedangkan pada gelombang yang melebihi tinggi di kisaran 2.50-4.0 meter berpeluang terjadi di perairan barat P. Simeulue, perairan barat Kep. Nias, perairan barat Kep. Mentawai, Samudra Hindia Barat Kep. Nias, Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai.

Untuk itu BMKG pun meminta agar mewaspadai potensi gelombang tinggi di beberapa tempat tersebut berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

BMKG menghimbau, “Bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbaunya.(H.A)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article