Jumat, Maret 29, 2024

Peluang Destinasi Unggulan Baru, Gubernur Sambut Tawaran Bangun Replika Al-Aqsa di Sumbar

Must read

Pd. Pariaman, Dutametro – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus berupaya menarik kalangan swasta baik dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan investasi guna memperkuat pariwisata halal di daerah.

Karena itu Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi menyambut baik kedatangan Ustadz Bachtiar Nasir yang membawa serta investor asing dari Turki, Walid Yassan, dan menggelar pertemuan di VVIP Room Bandara Internasional Minangkabau (BIM), pada Kamis (23/6/2022).

Walid menyebut wilayah Sumatera Barat sangat berpotensi sebagai tujuan investasi wisata halal. Gubernur pun menawarkan sejumlah kawasan yang layak di kembangkan.

Seperti kawasan Taman Hutan Raya Bung Hatta (Tahura) yang memiliki luas kurang lebih dua ribu hektar, kawasan wisata Mandeh, dan miniatur Makkah. Mendengar hal tersebut Walid Yassan, tertarik untuk membangun replika Masjid Al-Aqsa seperti yang telah dibuat di beberapa negara seperti Afganishtan, Turki, Istanbul dan Malaysia.

“Replika Masjid Al-Aqsa ini semoga dapat menjadi destinasi wisata halal unggulan di Sumbar, bangunan tersebut rencananya nanti akan dikemas seperti wisata religi dengan nuansa mirip di Komplek Masjid Al Aqsha, Palestina,” katanya.

Disamping itu Gubernur juga menawarkan beberapa pulau yang ada di mandeh kepada investor untuk melakukan kerjasama. Ia juga mengatakan bahwa Pemprov Sumbar saat ini sedang serius menarik investor dan wisatawan yang berada di Indian Ocean, beberapa negara tersebut termasuk Timur Tengah, Turki, Australia dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur menyampaikan harapan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Visit Beautiful West Sumatera 2023. Ia berharap rencana kerjasama ini juga dapat memberikan dukungan di sektor pariwisata.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga sedang menyiapkan pariwisata halal dan industri halal termasuk ekonomi dan keuangan syariah. Sejalan dengan percepatan pariwisata halal dan industri halal di Sumatera Barat. Dengan adanya kerjasama ini tentu semakin mempercepat upaya kita. Prinsipnya, kita sangat menyambut baik kolaborasi ini,” ucap gubernur.

Selanjutnya, Gubernur juga mengajak rombongan Ustadz Bachtiar Nasir dan Walid Yassan untuk melihat keindahan wisata alam mandeh. Walaupun keadaan sedang hujan dan gelap tetapi mereka merasa puas melihat keindahan pantai dan bukit yang ada disana. (Via/MMC)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article