Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya Peduli Petani

oleh -78 Dilihat
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Darisman,S.Si, Bersama Rombongan, meninjau secara langsung Embung yang berada di kenagarian Lubuk Karak dan Kenagarian Banai Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, Jum’at, (23/09/2022)

Embung yang berada di dua kenagarian tersebut merupakan penampung air berfungsi untuk pengairan persawahan masarakat

Yang Dibangun Pada tahun Anggaran 2021, program Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya.

Kita sengaja turun ke lapangan meninjau langsung dan melihat apakah embung tersebut sudah berfungsi dengan baik,”ujar Darisman.

Di katakan Darisman, keberadaan embung ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempertahankan ketersediaan sumber air di tingkat usaha tani sebagai supley air irigasi untuk komoditas tanaman pangan.

Kami akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat petani atau kelompok tani sesuai dengan kebutuhan mereka.Dan InsyaAllah kita akan menganggarkan di tahun berikutnya untuk penambahan ataupun perbaikan embung, sehingga dapat berfungsi dengan baik, ” kata Darisman

Wali Nagari Banai, Randi menyebutkan selain untuk mengairi sawah, embung tersebut juga diharapkan dapat berfungsi untuk wisata lokal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga dan petani.

” Saat ini embung Banai Jorong Mongge Siung sudah kita isi bibit ikan nila sebanyak 5000 ekor Bantuan dari Dinas Pangan dan Perikanan. Dan itu bisa dinikmati oleh masyarakat, ” jelas Randi

Ketua Kelompok Tani Karya Teladan, Supardi menyebutkan, semenjak embung ini berdiri, semua lahan yang kurang produktif sekarang sudah mulai produktif lagi.

“Biasanya sawah kami ini cuma mengharapkan tadah hujan. Alhamdulillah, sejak keberadaan embung tersebut sekarang sawah – sawah masyarakat yang luasnya lebih kurang 20 hektar ini bisa menikmatinya,” ujar Supardi.

Turut mendampingi Kepala Dinas Pertanian tersebut, Wali Nagari Lubuk Karak, Marti Aziz, Wali Nagari Banai, Randi, serta para penyuluh pertanian Kecamatan IX Koto dan para Kelompok Tani setempat. Dan rombongan Dinas Pertanian kabupaten Dharmasraya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.