Dinas Pariwisata Sumbar Sosialisasikan Geopark Ranahminang di Sawahlunto

oleh -164 Dilihat

SAWAHLUNTO, Dutametro – Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera barat mensosialisasikan Geopark Ranahminang di Kota Sawahlunto. Kegiatan yang diikuti 50 peserta itu digelar di Gedung Pusat Kebudayaan kota itu, Rabu (25/5/2022)

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbar Doni Hendra menyatakan kegiatan ini sosialisasi ini sangat penting digelar di Kota Sawahlunto karena Geopark Nasional Sawahlunto merupakan bahagian dari Geopark Ranah Minang

“ ada tiga Geopark Nasional di Sumbar yakni geopark Sawahlunto, geopark Silokek Kabupaten Sijunjung dan Geopark Ngarai Sianok Maninjau “ kata Doni Hendra

Saat ini, sebutnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat secara bertahap akan segera mengusulkan Empat Geopark Nasional yaitu Singkarak, Harau, Talamau dan Solok Selatan. Dan target akhir dari pengusulan itu yakni pengakuan dari UNESCO. Sebab hal itu akan memberikan manfaat besar bagi masing-masing daerah yang diakui.

“Semoga dengan menjadi Geopark Nasional dan target terakhir adalah Geopark yang diakui oleh UNESCO dapat memberikan dampak positif bagi daerah setempat dari kenaikan jumlah pengunjung hingga peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota sawahlunto Nova Erizon berharap dengan sosialisasi yang diikuti peserta dari unsur Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis), pelaku, komunitas pecinta geopark, komponen masyarakat serta wartawan ini akan menyatukan semangat dengan visi misi yang satu dalam pengembangan dan pelestarian geopark nasional Sawahlunto.

“ dalam upaya melestarikan serta pengembangan geopark nasional dikota ini sangat penting peranserta masyarakat didalamnya. Dan terus mendorong eksistensi serta kerja badan pengelola Geopark Sawahlunto nantinya” harap Nova

Selain penyampaian kebijakan dan dukungan pemerintah Sumbar dalam penegmbangan Geopark Sumbar dan Kota Sawahlunto, pada kegiatan sosialisasi itu juga menyampaikan materi informasi geopark secara umum dan pemberdayaan masyarakat oleh Osronita Ketua Prodi Geografi dan Ka Pupuslitbang Geopark Lingkungan Hidup Universitas Taman Siswa Padang, Potensi dan Pengembangan Geopark Nasional Sawahlunto oleh Novizar Swantry ahli Geologi Sumbar. (T.Ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.