Jumat, Maret 29, 2024

Advokasi Germas Hidup Sehat Tahun 2022, Resmi dibuka Wakil Bupati Nias

Must read

Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan pertemuan advokasi Gerakan Masyarakat (GERMAS) Hidup Sehat Tahun 2022, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Kecamatan Gido. selasa, 21/06/2022.

Pelaksanaan Advokasi GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Nias tahun 2022, sesuai dengan Instruksi Presiden No : 01 tahun 2017 yang mengamanatkan kepada seluruh Menteri, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Gubernur dan Bupati / Walikota.

Kegiatan ini sesuai keputusan Bupati Nias No : 441/86/K/2022, Tanggal 28 Maret 2022 tentang pembentukan Tim Koordinasi Gerakan Masyarakat (GERMAS) Hidup Sehat.

Pada kegiatan tersebut yang menjadi nara sumber adalah Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara Meidriani Ayu Siregar, S.Psi.M.Kes dan Mega Karyati, SKM , M.Kes.

Melalui sambutan Bupati Nias yang disampaikan Wabup Nias Arota Lase, A.Md, mengatakan GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat.

“Dengan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat supaya derajat kesehatan masyarakat setinggi – tingginya dapat terwujud, seperti kita ketahui bersama, selama pandemi Covid-19, tanpa kita sadari masyarakat telah banyak diarahkan untuk melakukan / membudayakan GERMAS Hidup sehat melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ucapnya

Masih lanjut Wakil bupati Nias menyampaikan bahwa pelaksanaan kebiasaan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari melalui GERMAS hidup sehat, ada 7 (tujuh) langkah yakni, Pertama. Melakukan aktivitas fisik, Ke-dua. Makan buah dan sayur, Ke-tiga. Tidak merokok, Ke-empat. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, Ke-lima. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, Ke-enam. Menjaga kebersihan lingkungan, Ke-tujuh. Menggunakan jamban.” Urai Wabup Nias

Seterusnya Wabup Nias mengucapkan terima kasih kepada Narasumber.

“Penurunan faktor resiko utama penyakit menular dan Penyakit Tidak Menular (PTM) sangat ditentukan oleh faktor biologis, perilaku dan lingkungan, hal ini dapat diwujudkan melalui langkah- langkah berikut ini, Meningkatkan aktivitas fisik, Meningkatkan perilaku hidup sehat, Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, Peningkatan pencegahan dan deteksi penyakit, Meningkatkan kualitas lingkungan dan Peningkatan hidup sehat. kami ucapkan Terima kasih kepada Tim Koordinasi GERMAS hidup sehat, Nara sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan semua pihak yang telah hadir dalam mensukseskan pelaksanaan Advokasi GERMAS di Kabupaten Nias tahun 2022 ini.” tutup Wabup Nias sekaligus membuka secara resmi.

Turut hadir Asisten Pemerintah Kabupaten Nias, Plt. Kadis Dinkes Kabupaten Nias, Kadis Pendidikan Kabupaten Nias, Sekdis PUTR Kabupaten Nias, Departemen Agama Kabupaten Nias, Ka.Seksi PPM JAMKES, Camat se- Kabupaten Nias dan Ka.UPTD Puskesmas se-Kabupaten Nias. (Herman)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article