Jumat, Maret 29, 2024

Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Barat akan Buka Lapangan Cindua Mato

Must read

Tanah Datar, Dutametro – Menindaklajuti Surat Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM nomor 426/405/Or-Parpora-TD/2022 tentang penyelesaian pembangunan taman kota Lapangan Cindua Mato, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat beserta jajaran melakukan kunjungan langsung ke Batusangkar Kamis, (23/6/2022).

Kunjungan tersebut disambut baik oleh Bupati Tanah Datar diwakili Asisten II Abdul Hakim dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Hendri Agung Indrianto beserta jajaran.

Kepala BPPW Sumatera Barat Kusworo Darpito mengakui, saat ini memang terjadi kendala dengan penyedia sehingga terjadi masalah dan terbengkalainya pengerjaan Lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Putus kontrak dari penyedia tersebut butuh waktu untuk melakukan audit batas dan pengalokasikan anggaran untuk menyelesaikan sisa-sisa pekerjaan.

Menyikapi laporan dari Bupati tersebut, Kusworo menyebut pihaknya akan membuka pembatas Lapangan Cindua Mato Batusangkar dan melakukan serah terima sementara dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Solusi untuk dibukanya Lapangan Cindua Mato dalam waktu dekat sudah didiskusikan, terkait legalitas yang kita lakukan adalah serah terima sementara. Tapi itu kita konsultasikan lebih dahulu apakah itu bisa kita lanjkukan atau tidak,” katanya.

“Harapan kami minggu depan sudah ada kepastian pembukaan, minggu depan itu rencana pembukaan dulu, nanti setelah itu dibicarakan lanjutanya,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Hendri Agung Indrianto mengatakan, terbengkalainya pengerjaan lapangan merupakan suatu yang tidak terencana, itu kesalahan dari penyedia yang putus kontrak.

“Solusinya sudah ada, kita cari jalan keluaranya, Lapangan Cindua Mato segera dibuka dengan penyelesaian secara bertahap,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyurati pihak balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat terkait belum dibukanya seng pembatas.

Dalam surat tersebut Bupati menyampaikan masyarakat Tanah Datar sudah menanyakan tentang kelanjutan pembangunan Taman Kota Lapangan Cindua Mato Batusangkar, sebab sudah banyak semak belukar yang tumbuh di dalam lokasi tersebut juga seng pembatas yang sudah banyak bolong sehingga memungkinkan masyarakat masuk ke dalam lokasi taman.

Apabila hal ini dibiarkan dikhawatirkan akan banyak terjadi kerusakan atau kehilangan di Taman Kota Cindua Mato, sedangkan sampai saat ini belum ada serah terima hasil pekerjaan dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Barat kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, diminta kepada pihak balai menjadi perhatian untuk pelaksanaan pekerjaan yang telah disepakati sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat Tanah Datar secara umum. Mnh

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article