Jumat, Maret 29, 2024

Pasaman Jadi Tuan Rumah Pada Pertemuan Isteri Kepala Daerah se-Sumatera Barat

Must read

Pasaman, Dutametro – Kabupaten Pasaman dipercaya selaku tuan rumah pertemuan Isteri Kepala Daerah Kabupaten Kota se-Sumatera Barat, Jumat (24/6), termasuk istri Wakil Gubernur Sumbar.

Pertemuan dipusatkan di hall Lt. III kantor Bupati Pasaman, selanjutnya pameran dan bazar di balairung rumah dinas bupati serta kunjungan ke objek wisata Tuanku Imam Bonjol.

Kegiatan pertemuan ini merupakan agenda bulanan ibu ibu kepala daerah, yang juga diikuti oleh Ketua BKOW Sumbar, Ketua GOW, Ketua Dekranasda, Ketua Dharmawanita, serta Ketua Bundo Kanduang se Sumatera Barat.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Pasaman H.Benny Utama, Sekretaris Daerah dan Asisten serta Tim Relawan Act Sumatera Barat.

Bupati Benny Utama dalam sambutan menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat berterima kasih telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan pertemuan Isteri Kepala daerah kabupaten/Kota seluruh Sumatera Barat.

Disamping itu dengan adanya kegiatan tersebut akan dapat memberikan kontribusi terhadap Kabupaten Pasaman, terutama dalam menunjang visi dan misi Pemerintah Daerah di sektor kepariwisataan maupun sektor lainnya.

Sempat dibeberkan Bupati Benny sejumlah objek yang dapat dikunjungi wisatawan di Pasaman, berikut keunikan masing-masingnya.

Ketua TP PKK Pasaman Ny.Susi Benny Utama dalam sambutanya mengatakan, terkait program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Pasaman, telah mampu memproduksi aneka kerajinan barang yang berkualitas tinggi dari barang bekas yang didapat dari Bank Sampah.

“Produk ini telah mulai dipasarkan, bekerjasama dengan Dekranasda,” ujar Ny. Susi sembari memperlihatkan contoh produk yang dibawakan Ketua GOW Ny. Sabar AS dan Ketua DWP Ny. Mara Ondak.

Disamping itu, untuk penanganan Stunting telah dilaksanakan oleh GOW Pasaman di nagari-nagari yang ada di Pasaman dengan gerakan-gerakan ‘Ibu Bangsa’.

Untuk gerakan dari Dharmawanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pasaman untuk bidang ekonomi telah melaksanakan kegiatannya yang bekerja sama dengan BLK, dalam hal pembinaan pengrajin batik dengan motif Batik Ikan khas Pasaman.

“Motif ini terinspirasi dari Icon Pasaman sebagai produsen. ikan terbesar di Sumatera Barat,” jelas Ibu Susi.

Nyonya Fitria Amalia Audy Joinaldy, Wakil ketua TP. PKK Sumatera Barat dalam arahanya mengatakan, TP. PKK Sumatera Barat dalam kegiatan pertemuan Iskada di Pasaman, memberikan bantuan terhadap korban bencana Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, sebesar Rp.160 juta.

Acara penyerahan bantuan dilakukan secara virtual di hall Lt. III Kantor Bupati Pasaman, dari Ny. Fitria Amelia kepada Perwakilan ACT Sumatera Barat, disaksikan Ibu-Ibu Iskada Sumbar dan oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Lumajang serta Ketua TP. PKk Propinsi Jawa Timur.

“Bantuan ini merupakan wujud rasa prihatin dan kepedulian, sekaligus turut merasakan duka masyarakat Lumajang yang tengah ditimpa musibah”, ujar Ny. Fitria Amelia.

Pertemuan Istri kepala daerah di Pasaman diwarnai berbagai kegiatan penampilan kesenian tari tradisional Minang yang dibawakan sanggar seni binaan TP. PKK Kabupaten Pasaman.

Terakhir, para tamu diajak Ny. Susi Benny Utama mengunjungi Museum Tuangku Imam Bonjol, sekaligus melihat ragam bunga kaktus yang dipajang di pelataran museum. MC

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article