Jumat, Maret 29, 2024

Koramil 1002-01/Batang Alai Selatan Gelar Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

Must read

Koramil 1002-01/Batang Alai Selatan melaksanakan pembinaan pramuka Saka Wira Kartika tingkat penegak di Makoramil Jalan Kias Desa Kias Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan.Minggu (25/9).

Pembinaan pramuka Saka Wira Kartika rutin digelar guna meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan bidang kepramukaan.

Sedikitnya 16 orang dari 30 orang anggota Saka Wira Kartika Ranting 01 Batang Alai Selatan dengan kaka pendamping 29 orang mengikuti materi pengembaraan dan krida yang di Saka Wira Kartika,”ungkap Bayu ketua sangga kerja

Krida adalah satuan kecil yang merupakan bagian dari Saka sebagai wadah kegiatan keterampilan tertentu, yang merupakan bagian dari kegiatan dan beranggotakan maksimal 10 (sepuluh) orang. Saka Wira Kartika memiliki lima Krida, yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana,”tambahnya

Sedangkan Danramil 1002-01/Batang Alai Selatan Kapten Inf Subhan saat membuka kegiatan pengembaraan mengatakan bahwa salah satu Satuan Karya Pramuka (Saka) yang ada di Indonesia adalah Saka Wira Kartika yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk secara khusus mengembangkan pendidikan bela negara.

Saka Wira Kartika merupakah wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Saka ini dibentuk sebagai salah satu upaya untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta menjaga menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.”tegas Danramil.(pendim1002).

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article