Kamis, Maret 28, 2024

Sejumlah Penerbangan Dibatalkan di Tengah Rumor Xi Jinping Dikudeta

Must read

Presiden China Xi Jinping menjadi salah satu topik trending teratas di Twitter di tengah laporan yang tidak berdasar bahwa dia berada di bawah tahanan rumah dan China berada di tengah kudeta militer.

Xi Jinping dan frasa #ChinaCoup menjadi tren di media sosial setelah puluhan ribu netizen menyebarkan desas-desus yang belum dikonfirmasi bahwa presiden China itu ditahan dan digulingkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Spekulasi ini, yang belum dibahas oleh sumber yang memiliki reputasi baik, muncul karena hampir tidak ada penerbangan komersial yang terbang di atas Ibu Kota Beijing pada hari Sabtu. Laporan yang belum diverifikasi juga mengklaim bahwa semua kereta api dan bus yang diberangkatkan dari Beijing juga dibatalkan

Dikutip dari Newsweek, Minggu (25/9/2022), situs web Bandara Ibu Kota Beijing memang menunjukkan bahwa beberapa penerbangan keluar dari ibu kota China telah dibatalkan; tapi banyak juga yang masih terjadwal atau sudah mendarat. Ada juga laporan bahwa penerbangan itu dibatalkan di tengah rencana latihan militer.

Home Asia Pasifik Eropa Amerika Timur Tengah Afrika Indeks Home Asia Pasifik Sejumlah Penerbangan Dibatalkan di Tengah Rumor Xi Jinping Dikudeta Berlianto Minggu, 25 September 2022 – 08:58 WIB Rumor Presiden Xi Jinping dikudeta gemparkan China.

Foto/The Australian A A A BEIJING – Presiden China Xi Jinping menjadi salah satu topik trending teratas di Twitter di tengah laporan yang tidak berdasar bahwa dia berada di bawah tahanan rumah dan China berada di tengah kudeta militer.

Xi Jinping dan frasa #ChinaCoup menjadi tren di media sosial setelah puluhan ribu netizen menyebarkan desas-desus yang belum dikonfirmasi bahwa presiden China itu ditahan dan digulingkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Spekulasi ini, yang belum dibahas oleh sumber yang memiliki reputasi baik, muncul karena hampir tidak ada penerbangan komersial yang terbang di atas Ibu Kota Beijing pada hari Sabtu. Laporan yang belum diverifikasi juga mengklaim bahwa semua kereta api dan bus yang diberangkatkan dari Beijing juga dibatalkan.

Dikutip dari Newsweek, Minggu (25/9/2022), situs web Bandara Ibu Kota Beijing memang menunjukkan bahwa beberapa penerbangan keluar dari ibu kota China telah dibatalkan; tapi banyak juga yang masih terjadwal atau sudah mendarat. Ada juga laporan bahwa penerbangan itu dibatalkan di tengah rencana latihan militer.

Rumor Presiden Xi Jinping Dikudeta dan Jadi Tahanan Rumah Gemparkan China Sebuah video yang dibagikan secara luas yang diposting di Twitter juga dilaporkan menunjukkan barisan kendaraan militer sepanjang 80 kilometer menuju Beijing di tengah laporan kudeta militer pada 22 September.

Namun, video tersebut berdurasi kurang dari satu menit sehingga tidak terlihat jika antrean kendaraan militer membentang sejauh 80 km. Tidak dikonfirmasi kapan atau di mana video itu diambil, atau bahwa konvoi itu menuju ke Beijing sebagai bagian dari kudeta militer.

Desas-desus itu juga dipicu oleh politisi India Subramanian Swamy, yang mentweet ke 10 juta pengikutnya pada hari Sabtu: “Rumor baru yang harus diperiksa: Apakah Xi Jingping [sic] di bawah tahanan rumah di Beijing? Ketika Xi berada di Samarkand baru-baru ini, para pemimpin dari Partai Komunis China seharusnya telah mencopot Xi dari penanggung jawab Angkatan Darat Partai. Kemudian tahanan rumah menyusul. Jadi rumornya begitu.

” Dalam serangkaian tweet, Drew Thompson, mantan pejabat Departemen Pertahanan untuk China, Taiwan dan Mongolia, menggambarkan desas-desus itu sebagai “kebohongan total.”

Rumor bahwa Xi Jinping telah ditangkap memiliki alasan karena ini adalah momen politik yang sensitif di China, dan pengadilan (dan vonis) baru-baru ini dari pejabat senior yang menjabat lama menciptakan suasana rumah kaca,” tulis Thompson.

Diskusi terbuka tentang oposisi terhadap Xi membuat desas-desus itu masuk akal. Meskipun kurangnya bukti bahwa Xi menghadapi oposisi internal, spekulasi tetap ada. Ini meningkatkan masuk akal dari rumor, atau harapan bagi sebagian orang, bahwa Xi akan ditangkap,” sambungnya. Frida Ghitis, kolumnis urusan dunia dan mantan koresponden CNN, juga menepis “rumor liar” yang keluar dari China. “Media sosial ramai dengan klaim bahwa telah terjadi kudeta di China, bahwa Xi Jinping berada di bawah tahanan rumah.

Tetapi tidak ada bukti bahwa ini benar,” katanya. Presiden Xi Jinping baru-baru ini menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, di mana ia mengadakan pembicaraan dengan presiden Rusia Vladimir Putin.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 25 September 2022

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article