Jumat, Maret 29, 2024

Wawako Sawahlunto Zohirin Sayuti,SE Bersama Awak Media Studi Komperativ, Sambangi Dinas Kominfo Dan Media Tribun Pekanbaru

Must read

Wakil Wali Kota Sawahlunto, H.Zohirin Sayuti,SE bersama 19 orang Awak media kota Sawahlunto mengikuti Studi Komperativ, sambangi Dinas Komunikasi dan Informatika serta Kunjungan silaturahmi ke Media Tribun Kota Pekanbaru terkait kerjasama Media dengan Dinas Kominfo, Kamis 24 November 2022 .

Wakil Walikota (Wawako) H.Zohirin Sayuti,SE dalam sambutannya menyampaikan, Studi Komparatif yang diikuti oleh 19 orang jurnalis kota Sawahlunto terdiri dari jurnalis media cetak, online dan elektronik dan kami juga menyampaikan ucapan terimakasih atas penyambutan dari jajaran Pemko Pekanbaru dalam hal ini Dinas Kominfo kota Pekanbaru.

Zohirin Sayuti juga memaparkan kondisi serta sekilas sejarah berdirinya kota Sawahlunto yang sudah diakui sebagai kota Warisan Dunia oleh UNESCO.

Sawahlunto adalah kota tambang batubara dari Zaman Kolonial Belanda . Lahir pada tahun 1888 dan aktivitas tambang dimulai tahun 1892. Tahun 2003 nyaris jadi kota mati akibat menurun dan terhentinya produksi batubara oleh Perusahaan Tambang Batubara Ombilin, namun secara perlahan kota itu terus berjuang, bangkit seiring dengan ditetapkannya visi kota Sawahlunto sebagai kota Wisata Tambang yang Berbudaya Tahun 2020 dan akhirnya diakui sebagai Kota Warisan Dunia oleh UNESCO tanggal 6 Juli 2019.

“Sementara untuk Visi Dan Misi RPJMD, VISI Kota Sawahlunto “Dengan Kebersamaan Kita Wujudkan Sawahlunto Sebagai Kota Wisata Yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Bermartabat, Berkeadilan dan Sejahtera.”

Kami mengajak dan mengundang jajaran Pemko Pekanbaru dalam hal ini Dinas Kominfo beserta Wartawannya untuk datang ke Sawahlunto sebagai kunjungan balasan dan kepada awak media yang mengikuti Studi Komparatif ini semoga bermanfaat serta juga bisa diterapkan di Kota Sawahlunto, kata Wawako Zohirin Sayuti.

Menanggapi penyampaian Wakil Wali Kota Sawahlunto, Plt. Kadis Kominfo Kota Pekanbaru, Putra, terlebih dahulu menyampaikan, “Kami menyampaikan permohonan maaf dari Pj.Walikota karena tidak dapat menghadiri kegiatan ini. Terimakasih atas undangan dari Bapak Zohirin Wakil Walikota Sawahlunto, InsyaAllah kami akan datang berkunjung ke kota Warisan Dunia Sawahlunto sebagai kunjungan balasan,” kata putra.

Sementara itu Kabid pengelolaan informasi dan komunikasi publik Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian kota Pekanbaru dalam paparannya menuturkan bahwa aturan terkait media massa tertuang dalam Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 214 Tahun 2020 Tentang Penyebarluasan Informasi Pemerintah Kota Pekanbaru Melalui Media Massa dan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 224 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyebarluasan Informasi Pemerintah Kota Pekanbaru Melalui Media Massa.

Saat ini media massa yang bekerjasama dalam hal pemberitaan dengan Pemerintah Kota Pekanbaru terdiri dari 142 Media Online (Website), 35 Media Cetak (Koran/Buletin/Majalah) dan 8 Media Elektronik (Radio/TV)

Selain media massa tersebut kami juga memberdayakan platform medsos lainnya seperti FB, YouTube, Instagram, tiktok” papar Kabid pengelolaan informasi dan komunikasi publik Dinas komunikasi informatika statistik dan persandian kota Pekanbaru.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terkait pengelolaan dan kerjasama pemberitaan dan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan Silaturahmi ke Kantor sekretariat Tribun Pekanbaru.

Muchtar.WS, Wartawan Utama

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article