Sabtu, Juli 13, 2024

245 KPPS Kota Payakumbuh Dilanti

More articles

 

Payakumbuh,Dutametro.com– 245 orang calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se Kecamatan Payakumbuh Selatan resmi menjadi anggota KPPS setelah dilantik di aula serba guna Aua Kuniang pada Kamis (25/01/2024) pagi.

Seperti diketahui, KPPS merupakan salah satu kunci sukses terselenggaranya Pemilu 2024 mendatang.

Tanpa adanya KPPS yang bertugas di masing-masing TPS, Pemilu tidak akan bisa terlaksana. Begitu pentingnya peran dan fungsi KPPS di Pemilu

Hal itu dikatakan Khairuddin Fambo Komisioner KPU Kota Payakumbuh Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, saat pelantikan 245 petugas KPPS se Kecamatan Payakumbuh Selatan.

“Rekan-rekan inilah orang-orang terpilih yang mau ikut menyukseskan Pemilu. KPPS yang dilantik adalah orang-orang berintegritas tinggi,” ujar Khairuddin Fambo.

Dikatakannya lagi, KPPS merupakan ujung tombak dalam Pemilu, KPPS merupakan pelayan masyarakat dalam proses Pemilu yang sudah semakin dekan.

“Dalam Kepemiluan, banyak tantangan yang nantinya akan dihadapi. Karena itu, penting kerja keras dan semangat KPPS dalam meyongsong Pemilu yang sudah semakin dekat,” katanya lagi.

245 KPPS yang dilantik tersebut nantinya ditugaskan untuk 35 TPS yang tersebar di 6 kelurahan. Satu TPS untuk melibatkan 7 petugas KPPS. Sebaran KPPS yang dilantik itu, masing-masing Kelurahan Kapalo Koto Ampangan 35 petugas untuk 5 TPS, Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang 56 petugas untuk 8 TPS, Kelurahan Padang Karambia 28 petugas untuk 4 TPS, Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang 28 petugas untuk 4 TPS, Kelurahan Limbukan 63 petugas untuk 9 TPS, Kelurahan Balai Panjang 35 petugas 5 TPS.

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Payakumbuh Selatan Permata Budi mengatakan, untuk penguatan kapasitas KPPS menjelang bertugas di hari H, pihaknya akan melakukan bimbingan teknis selama dua hari.

“Besok anggota KPPS ini akan kita bimtek, agar mereka lebih memahami tugas, fungsi dan kewajiban sebagai anggota KPPS. Dan yang terpenting, harapan kita saat pelaksanaan Pemilu dan Pilpres Februari mendatang semuanya dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala,” pungkasnya.(Yon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest