Rabu, April 17, 2024

Jelang Ramadhan, UNP Siapkan Diri Dengan Subuh Mubarak

Must read

Padang, Dutametro – Untuk memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah marilah kita Sivitas Akademika Universitas Negeri Padang (UNP) mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci yang istimewa ini, sehingga kita dapat melaksanakan berbagai ibadah wajib dan sunat secara berkualitas.

Rektor UNP diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt.menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak UNP yang diakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni secara virtual, diikuti para
pimpinan dan sivitas akademika UNP Jumat, (25/03/2022).

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor I Refnaldi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Ustaz Dr. Urwatul Wusqa, Lc., M.A sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak UNP ini.

Dalam ceramahnya dengan topik “Arti dan Makna Marhaban Ya Ramadhan”, Ustaz Dr. Urwatul Wusqa, Lc., M.A. menyampaikan, bahwa kalimat Marhaban Ya Ramadhan tidak lazim digunakan di negeri Arab tetapi sangat sering digunakan oleh umat Islam di Indonesia.

Ungkapan Marhaban Ya Ramadhan adalah ungkapan untuk menunjukkan kesiapan kita memasuki bulan Ramadhan seperti kita menyambut tamu terhormat dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ungkapan, Marhaban Ya Ramadhan, kita harus siap memasuki bulan Ramadhan dan penuh kesiapan untuk berpuasa dan melakukan ibadah wajib dan ibadah sunat lainnya.

Dosen UIN Imam Bonjol Padang itu, juga menjelaskan, terkait dengan bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa maka patutlah kita sambut secara istimewa dan terutama dengan kelapangan dada.

“Dengan ungkapan Marhaban Ya Ramadhan, diharapkan dapat memotivasi diri untuk menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terbaik di dalam hidup kita dengan cara melakukan ibadah puasa dan ibadah-ibadah wajib dan ibadah-ibadah sunat lainnya secara istimewa”, ungkap Ketua IKADI Sumatera Barat.

Ditambahkan, bahwa bulan Ramadhan itu adalah bulan yang sangat kental nilai sosialnya sehingga kita diharapkan untuk meningkatkan ibadah yang memiliki nilai sosial antar sesama umat seperti berwakaf pada bulan Ramadhan. ( * )

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article