Senin, Mei 29, 2023

Gubernur Ingatkan Strategisnya Peran APIP Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih

Must read

Bukittinggi, Dutametro.com – Gubernur Ingatkan Strategisnya Peran APIP Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih.Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah memberikan sambutan pada acara pembukaan pelatihan peningkatan kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) pada Lingkungan Polda Sumbar tahun 2023 di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Kamis (25/05/2023).

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menyampaikan peningkatan kapabilitas APIP pada instansi/lembaga pemerintahan merupakan sebuah keharusan, sebagai pengawas internal mereka memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap jalannya operasional tugas pada sebuah instansi/lembaga pemerintahan.

“APIP itu merupakan pengawas internal pada sebuah lembaga pemerintahan, tugasnya melakukan pembinaan dan pengawasan. Oleh sebab itu, pemahaman dan kapabilitasnya harus lebih baik dibanding pelaksana kegiatan,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Selanjutnya Gubernur Mahyeldi menjelaskan, dewasa ini tuntutan masyarakat akan kinerja sebuah lembaga pemerintahan menjadi sangat tinggi, pemerintah dituntut untuk selalu bisa bekerja baik, mulai dari tata kelola yang bersih, adil, transparan, pola komunikasi hingga kepada capaian kinerja.

Menurut Gubernur, semua itu tidaklah salah dan mesti direspon secara positif, tuntutan tersebut muncul karena juga didasari oleh rasa kecintaan masyarakat akan bangsa dan negaranya. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga telah mengingatkan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah di Istana Bogor pada tahun 2021 yang lalu, agar APIP seluruh Kementerian/Lembaga/Badan/Instansi Pemerintahan senantiasa meningkatkan kinerja masing-masing dalam menjamin tercapainya program pembangunan pemerintah dengan mengedepankan prinsip akuntabel, efektif dan efesien.

“Berbagai tuntutan masyarakat akan kinerja instansi pemerintahan, harus kita sikapi secara positif, APIP memiliki peran strategis untuk memastikan hal tersebut,” sebut Gubernur Mahyeldi.

Selanjutnya atas nama Pemprov Sumbar, Mahyeldi mengapresiasi apa yang telah digagas oleh Irwasda Polda Sumbar berserta jajaran dengan menginisiasi pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapabilitas APIP dilingkungan Polda Sumbar.

“Kegiatan ini, juga dapat diartikan sebagai bentuk komitmen dari Polda Sumbar untuk mendukung upaya pemerintah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan, kita sangat mengapresiasi itu,” tegas Mahyeldi.

Sementara itu, Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar senantiasa memahami tugas dan kewenangannya dengan baik serta menjamin penyelenggaraan pemerintahan telah berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Ia menyebut, kapabilitas APIP perlu terus ditingkatkan, kapasitas dan kompetensi mereka harus terus diasah termasuk dari sisi pengetahuan dan integritas agar kedepannya menjadi lebih baik.

“Integritas itu mahal. Tanpa itu, semua menjadi tidak berarti. Itu makanya penting untuk dilatih dan diterapkan dalam diri seorang APIP untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” tegasnya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri dan juga dihadiri oleh Kapolda Sumbar Irjen Suharyono, Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Arif Rahman Hakim, Ketua Satgas Saber Pungli DR. Bambang Krististiawanto, Danramil 01 Letkol. inf. Irwan T, Asisten 1 Pemko Bukittinggi Rismal Hadi, PJU Polda serta Kapolres Bukittinggi Kombes Pol Yessi Kurniati, serta diikuti oleh 150 orang peserta. (adpsb).

More articles

iklan

 

iklan

iklan

iklan

iklan

iklan

iklan

Latest article