Hadiri Event RSBG, Wako Fadly Amran: Kolaborasi Menyukseskan Event Akbar

oleh -87 Dilihat
Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menghadiri acara puncak dan penutupan event Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) yang dihelat di Kota Solok, Ahad (25/9).

Beragam seni tradisi, permainan anak nagari, bazar hingga festival layang-layang internasional, ditampilkan untuk menghibur masyarakat, maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Solok 22-25 September.

Namun, berbeda dari perhelatan di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini untuk pertama kali kalinya RSBG menjadi salah satu alek unggulan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Saat menghadiri penutupan event tahunan warga Solok itu, salah satu hal yang membuat Wako Fadly cukup takjub yakni melihat kolaborasi dan gotong royong dalam menyukseskan event akbar ini.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya RSBG ini. Kita melihat keterlibatan seluruh pihak untuk menyukseskan event ini terkoordinir dengan baik. Mulai dari Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Rang Mudo dan masyarakat berbaur menyukseskan alek yang dihelat di area persawahan ini,” ucap Fadly.

Sementara itu, Ketua Panitia RSBG, Jefrizal mengatakan, rangkaian acara penutup dengan beragam pertunjukan berupa pawai budaya, makan baronjin, dan penampilan seni tari.

Ia menjelaskan sejak hari pertama hingga hari penutupan ini, kehadiran pengunjung terus ramai bahkan mencapai sekitar 5.000 orang setiap harinya.

“Itu berarti selama empat hari berturut-turut ini jumlah pengunjung mencapai puluhan ribu orang dalam menyaksikan rangkaian acara RSBG,” katanya.

Terpisah, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menyatakan, acara RSBG merupakan salah satu anugerah Kota Solok. Tanah Solok yang memiliki indikasi geografis unik, dapat menghasilkan beras dengan kearifan lokal, dan terkenal di tingkat nasional.

“Salah satu rahmat dari Allah adalah lahan Kota Solok yang suburban. Tanah Solok punya indikasi geografis, sehingga tanah yang subur menghasilkan Bareh Solok dengan kearifan lokal yang luar biasa,” tambahnya. (king)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.