Pemkab Pasbar Gandeng PMI, PSHT Memberikan Pelayanan Langsung Kepada Masyarakat

oleh -84 Dilihat
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasaman Barat sangat mendukung apapun kegiatan masyarakat yang sifatnya positif dan membantu Pemda dan DPRD Pasaman Barat.

Bukti dukungan tersebut dilakukan dengan hadir bersama pejabat Pemda dan Anggota DPRD, Daliyus.K.Ali Nasir.SH , Wali Nagari Kinali Sudirman.S.Pd dan perangkat nagari dengan menggandeng Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat (Pasbar) dan juga bersama PSHT memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat Pasbar.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto saat menghadiri Pelayanan Terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar sekaligus merayakan 1 Abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Pasbar, Minggu (25/9/2022).

Beberapa pelayanan yang diberikan dalam kegiatan tersebut diantaranya, Disdukcapil, pelayanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan dan PMI, pangan murah oleh Dinas Ketahanan Pangan, SIM Keliling, serta penyerahan 5000 bibit cabai kepada masyarakat Limau Purut oleh PT. LIN kepada masyarakat.

Pemda Pasbar memberikan sistem pelayanan tersebut, untuk membantu masyarakat dalam mengurus administrasi maupun pelayanan lainnya secara langsung.

Mempermudah dan mempersingkat waktu bagi masyarakat, sehingga pelayanan Pemda dapat dirasakan langsung oleh masyarakat secara maksimal.

“Kami atas nama Pemda memberikan pelayanan terpadu kepada masyarakat. Pelayanan ini diantaranya pelayanan Dukcapil yaitu pengurusan KK gratis, akte kelahiran, dan KTP. Untuk antisipasi laju inflasi daerah, kita juga bekerjasama dengan PT. LIN memberi bantuan bibit cabai kepada masyarakat. Ini adalah program Pemda untuk membantu ekonomi masyarakat. Ada Pelayanan kesehatan, cek golongan darah, cek gula darah, donor darah dengan menggandeng PMI. Selain itu ada Sembako murah peran Dinas Ketahanan Pangan dalam mendapat sembako murah,” jelas Wabup.

Berkenaan dengan 1 Abad PSHT, Wabup Risnawanto berharap agar dapat bersama-sama dalam membangun Pasaman Barat.

Wabup berpesan, untuk menjalin dan meningkatkan persatuan dan kesatuan serta menciptakan suasana damai, tertib dan tentram.

“Sebelum kemerdekaan RI, PSHT ini sudah berdiri tepatnya 1922. Visi misi dan tujuan PSHT dan RI sama. Untuk itu, mari tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan bersama membangun RI, khususnya membangun Pasbar. Mari ciptakan suasana damai, tertib, tentram dan aman. Bersama keluarga besar PSHT, mari bersama-sama kita saling mendukung membangun Pasbar tercinta,” ucapnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Pasbar Daliyus K mengucapkan selamat ulang tahun ke-1 abad kepada PSHT cabang Pasbar.

Ia menyebutkan, ada beberapa keunggulan menjadi anggota PSHT. Pertama, dapat meningkatkan kekuatan fisik. Kedua, gerakannya mengandung keindahan seni. Ketiga, kemampuan bela diri.

Selanjutnya, mengisi dan meningkatkan pendidikan mental rohani. Serta, meningkatkan persaudaraan.

“Selamat ulang tahun 1 abad PSHT, dari tahun 1922 hingga tahun 2022 ini sudah pas 100 tahun. Di Pasbar kegiatan perayaan yang cukup meriah ini dipusatkan di Limau Purut. 2/3 anggotanya pun dari Kecamatan Kinali, kita patut berbangga. Dengan anggota ini, kita berharap agar PSHT ini berkembang hingga luar Albasiko maupun Kecamatan Kinali ini,” tangkasnya.

Selain itu, Ketua PSHT Cabang Pasbar Jumarno memaparkan PSHT adalah suatu organisasi pencak silat kemasyarakatan yang lebih mementingkan persaudaraan dari pada beladiri. Di Pasbar anggota PSHT sudah mencapai 1.500 anggota.

Sedangkan Sumatera Barat anggota PSHT sudah mencapai lebih kurang 6.000 anggota.

Ia berharap, PSHT dapat terus berkembang dengan dukungan Pemda, DPRD, dan seluruh elemen masyarakat Pasbar.

“Tahun 1993 dibawa kang mas Sunyoto dari Jawa, dan sesepuh kami kang mas Pujianto dari Madiun. Jumlah di seluruh sumbar 6.000 anggota, kalau untuk dunia sampai hari ini belum terkalahkan. Mudah- mudahan kedepan PSHT berkembang pesat khususnya Pasbar. Minta dukungan Pemda melalui pak wabup, DPRD dan semuanya”, tegasnya.

Diakhir kegiatan, dilakukan penyerahan 5.000 bibit cabai oleh PT. LIN kepada Wabup yang selanjutnya diterima oleh Jorong Limau Purut.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan santunan kepada anak yatim di kejorongan Limau Purut oleh Wabup Risnawanto, bersama pejabat yang hadir lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.