Nagari Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Gelar Batajau Silek Tradisional

oleh -108 Dilihat

Batajau adalah suatu aktifitas dari sasaran silek tradisional yang berada dinagari Kabupaten Padang Pariaman. Batajau juga dikatakan sebagai sarana pemberitahuan ke beberapa sasaran silek tradisional dimana disuatu lorong atau jorong bahwa disana sdh ada sasaran silek.

Acara tersebut berlangsung di Kampung Bendang Nagari Sungai Sariak Kecamatan VII Koto pada (27/12/2021). Acara silek tradisional dibuka oleh Tuo silek kapalo mudo Sungai Sariak yang dikenal dengan Mak’Taya. Mak’Taya cukup gigih dalam melakukan pembinaan kepada generasi muda yang mana tujuannya adalah untuk melestarikan silek itu sendiri.

Saat Acara Pembukaan Sasaran Silek, dihadiri sebanyak 12 sasaran silek tradisional yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

Acara tersebut juga dihadiri oleh wali nagari terpilih yaitu *Zaiful Yudi* yang baru saja dilantik oleh Bupati Padang Pariaman, Kemudian Ketua Badan Musyawarah Nagari Sungai Sariak Anasrul, ST dan Masyarakat nagari Sungai Sariak.

Terlihat saat acara tersebut berlangsung masyarakat Sungai Sarik sangat antusias sekali menyaksikan acara Silek tersebut.

Dari keterangan warga Sungai Sarik Ujang yang datang kelokasi sasaran silek mengatakan Kepada Media ini, “silek merupakan Budaya warisan dari nenek moyang kita kusus di sungai sarik, silek merupakan seni bela diri yang sudah mendunia”, katanya.

“Bukan di sini aja silek terkenal, makanya kami sebagai warga ikut melihat pembukaan sasaran di Nagari kami ini”, tambahnya lagi.

(Asrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.