Jumat, April 19, 2024

Kepala BMKG RI Dwikorita Karnawati : Gempa Pasbar Bersumber Dari Daratan

Must read

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Dalam Kunjungan tersebut Dwikorita Karnawati memaparkan terkait kondisi Gunung Talamau dan sekitarnya sesuai dengan data BMKG.

“Bahwa gempa yang terpusat di dasar laut dan gempa yang berasal dari daratan memang berbeda. Jika gempa dari dasar laut memang tidak terasa namun, efek nya sangat besar seperti tsunami dan patahan Sumatera,” Jelas Dwikorita Karnawati didampingi stakeholder terkait lainnya, dalam kegiatan sosialisasi masalah gempa Pasbar Minggu (27/2/2022).

Menurutnya, gempa yang terjadi di Kabupaten Pasaman Barat memang bersumber dari daratan. Yang ditakuti terjadinya patahan Sumatera yang melintas di Pasaman Barat. Seperti segmen Sianok, segmen Angola.

“Pusatnya dangkal kalau gempa di darat ini. Namun resikonya cukup tinggi, sehingga banyak rumah masyarakat yang roboh, apalagi bangunan rumah masyarakat tidak sesuai dengan daerah rawan gempa” katanya.

Ia melanjutkan, pihaknya akan melakukan survei lebih lanjut terkait dengan dampak gempa. Sesuai dengan kajian keilmuan BMKG, karena ilmu manusia.

“Memang gempa susulan 124 kali terjadi di Pasbar. Namun, kekuatan nya semakin melemah. Dari 124 kali itu yang kuat atau terasa hanya 6 kali. Begitu juga dengan potensi patahan di bebatuan semakin melemah, artinya kondisi semakin stabil,” katanya.

Makanya, lanjut Dwikorita Karnawati jika masyarakat ingin kembali ke rumah yang rumah tidak rusak sudah bisa. Namun, perlu menjadi perhatian semua pihak adalah kondisi cuaca. Karena ditakutkan banyaknya masyarakat di tenda akan menambah pandemi Covid-19.

“Yang perlu di waspadai setelah gempa ini adalah potensi longsor yang materialnya tersapu oleh air hujan yang masih teronggok di lereng gunung. Jika di guyur hujan akan mengikuti aliran sungai, jika aliran sungai itu tersumbat maka akan mencari tempat aliran lain. Takutnya air akan mengalir di pemukiman rumah warga,” katanya. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article