Tanggapi Bencana Banjir, Pemko Gelar Rapat Evaluasi

oleh -1584 Dilihat

Usai terjadinya bencana banjir di beberapa titik di Kota Padang Panjang, Jumat (25/2) malam, Pemko langsung lakukan rapat evaluasi, Sabtu (26/2) di Rumah Dinas Wali Kota.

Rapat dipimpin Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang dihadiri, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, kepala OPD, dan camat.

Rapat ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah yang akan dilakukan Pemko dalam penanggulangan bencana yang terjadi tadi malam dan ke depannya.

Wako Fadly meminta, agar ada sinergi antarlintas OPD, camat, sampai tingkat kelurahan.

“Terkait bencana banjir ini, bukan hanya tugas BPBD Kesbangpol. Tetap perlu kerja sama lintas OPD. Baik dari segi evakuasi, sosial, kesehatan, infrastruktur, penganggaran untuk darurat bencana dan lain lain,” sebutnya.

Dalam rapat itu, Fadly juga meminta adanya sistem aksi cepat tanggap yang lebih baik dan terstruktur. Agar pada saat terjadinya darurat bencana, personel bisa langsung siaga dan cepat melakukan evakuasi.

“Selain cepat tanggap dalam evakuasi, kalau bisa juga dilakukan langkah preventif santunan pada masyarakat yang terdampak bisa segera dijalankan. Kalau bisa selesai dalam waktu tiga hari setelah terjadi bencana,” tegasnya.

Untuk menanggapi darurat bencana di Kota Padang Panjang, Fadly juga mengarahkan untuk melakukan rapat koordinasi dengan potensi SAR yang ada seperti Tagana, PMI dan lainnya.

Sementara itu, untuk layanan pengaduan, ia juga meminta dilakukannya sosialisasi dan optimalisasi layanan 112 sebagai layanan pengaduan bagi masyarakat terkait bencana darurat yang terjadi. (dega)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.