Persiapkan Kedatangan Wisatawan Saat Lebaran, Kubu Gadang Laksanakan Goro

oleh -754 Dilihat

Warga Desa Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk dibantu tenaga kebersihan dari Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) laksanakan kegiatan gotong royong (goro) mempersiapkan libur Lebaran 1443 H. Mereka membersihkan lahan warga yang disiapkan sebagai tempat parkiran bagi wisatawan, Selasa (26/4).

Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setdako, Zulkifli, S.H yang turut memonitor goro ini, menyambut baik kegiatan tersebut.

Menurutnya, sebagai fasilitas pendukung, lahan parkiran tersebut sangat bermanfaat, mengakomodir kunjungan wisatawan yang menggunakan kendaraan. Sehingga, lokasi wisata Kubu Gadang tetap rapi dan nyaman dikunjungi. Apalagi, kunjungan wisatawan diprediksi meningkat saat Lebaran.

“Dicanangkannya Visit Beautiful West Sumatera tahun 2023, mendorong pembenahan objek wisata. Termasuk di Desa Wisata Kubu Gadang, sebagai salah satu andalan di Padang Panjang. Lokasi parkir disepakati warga bersama camat dan lurah setempat. Tentunya sangat baik untuk Kubu Gadang ke depan,” katanya.

Di samping itu, Zulkifli berharap kolaborasi yang baik selalu terjalin antara Pemko, Kecamatan, Kelurahan dan masyarakat di Desa Kubu Gadang. “Hendaknya bisa berkolaborasi melaksanakan event-event yang dipersiapkan Pokdarwis Desa Kubu Gadang. Begitu juga dengan objek wisata lainnya seperti Islamic Center bisa menjadi objek wisata religius baru,” ujarnya.

Camat PPT, Drs. Asrul menyampaikan terima kasih kepada seluruh kelurahan di PPT yang menggerakkan tenaga kebersihannya bergoro bersama di lokasi ini.

“Apapun bentuk kegiatannya, baik wisata maupun yang lainnya, camat dan lurah saling mendukung. Ada beberapa potensi wisata di Padang Panjang Timur, selain Kubu Gadang, kita ada Masjid Asasi dan wisata edukasi Peternakan Sapi Serambi Milk. Bahkan kita akan mengarah pada agrowisata,” ungkapnya.

Pemuka masyarakat Kubu Gadang, Jufriadi Datuak Sati mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemko melalui kecamatan dan kelurahannya, membantu kegiatan goro ini.

“Alhamdulillah sudah ada lahan parkir, untuk mobil pribadi dan kendaraan roda dua. Ini sekaligus menjawab keinginan yang sudah lama. Semoga Desa Wisata Kubu Gadang makin diminati,” harapnya.

Hal senada disampaikan Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zen. Dia mengatakan lahan parkir memang menjadi persoalan beberapa waktu lalu. Namun, saat ini sudah ada.

“Dengan adanya lahan parkir ini mudah-mudahan menunjang Kubu Gadang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia,” pungkasnya.

Dikatakannya lagi, pada momentum Lebaran, 4-8 Mei mendatang Kubu Gadang sudah mempersiapkan diri menyambut kunjungan wisatawan dengan atraksi Silek Lanyah, pacu upiah, menanam padi, dan berbagai kegiatan menarik lainnya. (harris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.