Minggu, Juli 21, 2024

258 Calon Mahasiswa Terima Bantuan Biaya Pendidikan

More articles

 

Eka Putra : Komitmen Kita Jelas, Tidak Ada Anak Tanah Datar Yang Gagal Masuk PTN Karena Alasan Biaya

Tanah Datar, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus berkomitmen dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, salah satunya adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan bagi masyarakat.

Hal ini dibuktikan, dengan disalurkannya bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun ajaran 2024 ini.

Bantuan yang berasal dari Baznas Tanah Datar melalui Program Tanah Datar Cerdas tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM., Rabu (26/6/2024) di Masjid Muhammadiyah Batusangkar yang disaksikan langsung oleh para orang tua penerima manfaat.

Dalam sambutannya saat penyerahan bantuan biaya pendidikan tersebut, Bupati Eka Putra mengatakan bahwa pendidikan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Daerah dalam membangun SDM.

“Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanah Datar yang gagal masuk PTN karena alasan biaya. Program ini kita yakini tidak hanya sekedar membantu, tetapi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat nantinya,” ucap Eka Putra.

Bupati juga katakan, dana yang berhasil dikumpulkan melalui Baznas Tanah Datar juga untuk merefleksikan tentang beragam upaya yang telah dan sedang dilakukan dalam menjalankan berbagai program untuk memajukan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Tanah Datar, khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakat kurang mampu.

“Kita beruntung memiliki Baznas yang serius mengelola zakat di Tanah Datar yang bersumber dari ASN Pemkab, ASN Kemenag dan muzakki lainnya. Tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi di bidang-bidang yang lain seperti bidang ekonomi, agama, kesehatan dan kemanusiaan. Untuk itu, mari salurkan zakat melaui Baznas Tanah Datar,“ ajaknya.

Kepada calon mahasiswa yang mendapatkan bantuan biaya pendidikan, Bupati Eka Putra berharap bisa memanfaatkannya dengan bijak supaya lancar dalam menempuh pendidikan di bangku kuliah nantinya.

“Fokuslah dengan kuliah, yang terpenting jangan melawan kepada orang tua serta jangan terlibat dengan hal negatif seperti narkoba dan kenakalan remaja lainnya. Bantuan zakat ini amanah, yang harus dipergunakan sebaik-baiknya untuk biaya pendidikan. Untuk itu tekun belajar, jadilah mahasiswa yang berakhlak mulia, sehingga bisa meraih ilmu yang berkah, dan sukses meraih prestasi,” pesannya.

Menambahkan apa yang telah disampaikan Bupati Eka Putra, Kakan Kemenag Tanah Datar H. Amril kepada seluruh calon mahasiswa diharapkan untuk selalu bersyukur dan belajar dengan tekun dan selalu menjaga nama baik keluarga dan daerah.

H. Amril juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Tanah Datar dan Baznas atas kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam menumbuhkembangkan dunia pendidikan di Kabupaten Tanah Datar.

Sebelumnya, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menerangkan bahwa penyerahan bantuan kepada calon mahasiswa asal Tanah Datar yang lulus PTN merupakan salah satu untuk mendukung program pendidikan bagi keluarga kurang mampu di Tanah Datar.

“Melalui program Tanah Datar Cerdas, Baznas Tanah Datar tahun ini menyalurkan bantuan pendidikan kepada 285 orang calon mahasiswa yang lulus di PTN. Dengan rincian, 209 orang lulus PTN di Sumatera Barat dan 26 orang lulus PTN diluar Provinsi Sumatera Barat, dengan anggaran sebesar Rp 479.5 juta,” terangnya.

Menurutnya, bantuan ini bersumber dari zakat yang dibayarkan oleh ASN Pemkab Tanah Datar dan PNS Kementerian Agama Tanah Datar dan para muzakki lainnya.

“Zakat yang terkumpul kami salurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dengan berbagai program bantuan, salah satunya adalah program Tanah Datar Cerdas,” katanya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest