Sabtu, Juli 13, 2024

Kabupaten Solok Raih Penghargaan Bergengsi dari BKKBN untuk Kampung Keluarga Berkualitas

More articles

Kab. Solok, dutametro.com- Pemerintah Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat kembali meraih prestasi penghargaan tingkat Nasional. Hal itu setelah menerima Apresiasi penghargaan atas Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat di PO Hotel Semarang Jawa Tengah, Rabu (26/06/24).

Penghargaan yang diterima satu satunya di Sumatera Barat tersebut diterima Bupati Solok Epyardi Asda yang diserahkan Kepala BKKBN Pusat Dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 tahun 2024.

Kesempatan tersebut Bupati didampingi Kepala Dinas PPKBP3A Kab. Solok, dr. Marwazi, MARS beserta jajaran, Camat Gunung Talang, Wali Nagari Jawi-Jawi dan Pokja Kampung Keluarga Berkualitas Jawi-Jawi Kabupaten Solok.

BKKBN Pusat, memberikan apresiasi kepada 6 (enam) Pemerintah Kabupaten dan/Kota. Pemberian Apresiasi dilakukan berdasarkan beberapa kriteria seperti 1. Persentase tertinggi jumlah Kampung Keluarga Berkualitas terhadap jumlah desa/ kelurahan; 2. Persentase tertinggi jumlah Kampung Keluarga Berkualitas mandiri dan berkelanjutan terhadap jumlah desa/ kelurahan; 3. Pemerintah daerah yang memiliki regulasi terkait penyelenggaran Kampung Keluarga Berkualitas; 4. Kabupaten/ Kota yang memiliki Tim Koordinasi Kampung Keluarga Berkualitas; 5. Pemerintah daerah (OPD yang membidangi pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana) yang memiliki anggaran penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas yang bersumber dari APBD murni.

Hal tersebut berdasarkan seleksi yang dilakukan dari 514 Kabupaten dan Kota se Indonesia maka KABUPATEN SOLOK ditetapkan sebagai salah satu dari 6 pemenang Apresiasi Pemerintah Kabupaten dan Kota tahun 2024.

Kabupaten / kota yang ditetapkan sebagai pemenang Apresiasi Pemerintah Kabupaten dan atau Kota tahun 2024 yaitu 1. Kota Yogyakarta (D.I. Yogyakarta), 2. Kota Madiun (Jawa Timur), 3. Kota Banjar (Jawa Barat), 4. Kota Mojokerto (Jawa Timur), 5. Kabupaten Solok (Sumatera Barat), dan 6. Kota Cimahi (Jawa Barat), bahkan Kabupaten Solok satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang mendapatkan “Apresiasi”.

Bupati Solok Epyardi Asda usai acara menyampaikan ucapan syukur atas pencapaian berkat kerja keras Super Tim Kabupaten Solok.

Menurutnya penghargaan tersebut merupakan hasil dukungan seluruh pihak dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas serta menjadi satu bukti atas komitmen bersama dalam mempercepat penurunan stunting.

“Artinya melalui penghargaan ini Pemerintah Kabupaten Solok bersama seluruh elemen lintas sektor dan masyarakat memiliki komitmen dan aksi nyata dalam menyiapkan Generasi Indonesia Emas 2045 dengan menciptakan kampung keluarga berkualitas pada 74 Nagari, sebab anak-anak inilah yang akan menjadi insan penerus pembangunan ke depan,” ujarnya optimis.

Menurutnya untuk menciptakan generasi yang berkualitas harus dimulai dari keluarga yang juga berkualitas, melalui keluarga berencana. Sebab keluarga yang bahagia dan berkualitas itu harus direncanakan.

“Keluarga yang direncanakan tentunya akan mendorong terciptanya keluarga berkualitas dan bahagia, dengan pola asuh yang tepat, kemudian juga pola konsumsi yang sehat. Bagaimana keluarga bisa memiliki kesadaran dan pemahaman akan asupan gizi yang tepat sehingga dapat mencegah terjadinya stunting,”tukuk Epyardi mengakiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest