Jumat, Maret 29, 2024

Resmi Sandang Kualifikasi “WARTAWAN UTAMA” Lisensi BNSP, Sejumlah Pemred, Wapemred dan Redpel dan Wartawan di Sumbar

Must read

Sejumlah Pimpinan Redaksi, Wakil Pimpinan Redaksi, dan Redaktur Pelaksana dan Wartawan di Sumatera Barat resmi menyandang kualifikasi Wartawan Utama setelah terima sertifikat secara langsung dari pimpinan TUK MTP Padang Mairizal, SH senin 26 September 2022 di sekretariat TUK MTP Padang.

Sebelumnya peserta mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) yang telah dilaksanakan pada tanggal 29 s/d 30 Agustus 2022 lalu di Gedung Serbaguna PT. Semen Padang dan telah dinyatakan Kompeten oleh assesor BNSP.

Seperti diketahui bahwa Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Angkatan I yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat tersebut di Prakarsai oleh TUK MTP Padang yang di komandoi oleh Mairizal dengan mendatangkan 2 (dua) orang assesor (Penguji) LSP Pers Indonesia yang telah berlisensi BNSP yaitu Heintje Grontson Mandagi (Ketua LSP Pers Indonesia) dan Edi Anwar Asfar (Sekretaris LSP Pers Indonesia).

Dalam proses sertifikasi wartawan ini LSP Pers Indonesia menggunakan Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKKK) Wartawan Indonesia yang telah terintegrasi oleh Kemenaker RI. Sementara Skema Sertifikasi yang digunakan juga telah terverifikasi oleh BNSP.

Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Angkatan I di Provinsi Sumatera Barat ini sebanyak 29 peserta dari berbagai media online dan cetak yang Berada di daerah Sumatera Barat.

Dimana setiap peserta (asesmen) yang akan mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan ini wajib melampirkan syarat-syarat yang telah ditentukan serta portofolio sesuai skema.

Sedangkan portofolio merupakan bukti dari apa yang telah dikerjakan wartawan tersebut. Untuk Angkatan I ini, dari keseluruhan peserta hanya mengikuti 2 (dua) skema yaitu : 18 peserta (Skema Utama) dan 11 peserta (Skema Muda/Reporter)

“Kita patut merasa bangga dan mengucap salut kepada Kepala TUK MTP Padang Mairizal, SH. Karena berkat usaha dan kerja kerasnya rekan-rekan media di provinsi Sumatera Barat tidak lagi harus mengeluarkan biaya besar berangkat ke Jakarta dan Ke Provinsi lain untuk mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan ini.”ungkap Wyndoee pemred Shootlinenews.com.

Baca Juga  Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Pasarkemis Polresta Tangerang Rutin Patroli Malam

Keberhasilan Kepala TUK MTP Padang ini tampaknya mulai dilirik oleh sejumlah kalangan Media dari kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat ini, dimana mereka juga berniat mengikuti jejak Mairizal, SH untuk menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di daerah mereka masing-masing.

“Sejarah baru dengan tinta emas telah berhasil ditorehkan Mairizal, SH di Sumatera Barat ,” lanjutnya

Seluruh peserta yang mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) ini dinyatakan kompeten dan berhak menerima sertifikat yang berlogo “Burung Garuda”.

Salam Kompeten!!!!

(red)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article