Pemerintah Kota Sawahlunto Gelar Jumpa Pers, Paparkan Persiapan Dan Kesiapan Sambut Lebaran Idul Fitri 1443 H

oleh -272 Dilihat

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443.H / 2022 M Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto menyampaikan persiapan dan kesiapannya dihadapan awak Madia.

Persiapan dan kesiapan Pemko itu disampaikan Walikota Deri Asta,SH dalam Jumpa Pers dengan Awak Media diruang rapat Balaikota Sawahlunto, Selasa (26/4) dalam menyambut kedatangan wisatawan khususnya untuk kota Sawahlunto yang termasuk salah satu tempat tujuan wisata utama di Sumbar.

Walikota Sawahlunto menyampaikan bahwa saat ini Sawahlunto berada pada posisi level 1, sudah hampir seminggu ini tidak ada warga yang positif Covid dimana tidak adanya penambahan pasien terkonfirmasi covid, artinya Sawahlunto sekarang berada pada Zero Covid maka Ketakutan kita akan adanya gelombang ketiga virus Covid-19 yaitu Omicron hal ini bisa dikatakan sudah melandai sehingga keluarlah aturan Edaran Pemerintah yang sedikit lebih melonggarkan kita untuk pelaksanaan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M mulai dari dibolehkannya Mudik Lebaran, kemudian pemko juga sudah mempersiapkan tempat tempat pariwisata yang akan dikunjungi.

Pemko juga sudah menggelar rapat dengan Forkopimda, PHBI dan Kemenag, untuk mengantisipasi kemungkinan kemungkinan atau resiko yang terjadi, pertama (1) Pemko menetapkan bahwa Sholat Idul Fitri dilaksanakan di lapangan yang ada di kota Sawahlunto termasuk di lapangan Ombilin.
Kedua (2) seandainya hari hujan sudah disiapkan Masjid terdekat.
Ketiga (3) tidak lagi melakukan Jaga Jarak namun tetap mematuhi protokol kesehatan (pakai masker).
Ke Empat (4) Takbiran dilaksanakan di Masjid / Musholla dan dirumah dan tidak dibenarkan melaksanakannya secara berarak arakan di jalan.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang diperkirakan mencapai 1,8 juta secara keseluruhan di Sumatera Barat, Pemko Sawahlunto dengan jajaran aparat TNI, Polri, BNPB, Satpol PP Damkar dan tenaga Medis akan membuat posko-posko pengamanan dibeberapa titik strategis di kota Sawahlunto.

Terkait dengan ketersediaan Bahan Bakar Minyak untuk kebutuhan masyarakat, Kuota untuk Sawahlunto berada pada posisi aman. Demikian juga terkait kemungkinan lonjakan harga barang kebutuhan pokok, Pemko dalam hal ini Diskoperindag akan selalu turun kelapangan guna memantau situasi ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok tersebut secara kontinyu, pungkas Walikota.

Lebih lanjut Walikota mengatakan, Libur bersama akan berlangsung mulai hari Jumat , namun ada beberapa dinas dan instansi yang standby melaksanakan piket setiap harinya guna mengantisipasi ataupun melakukan aksi tanggap darurat di segala situasi dan kondisi.

Sesuai surat edaran Presiden Pemerintah Republik Indonesia kita di Sawahlunto tidak melaksanakan Open House.

“Apa yang kita lakukan, apa yang sudah kita sepakati dan bisa menjadi manfaat yang baik sehingga masyarakat Sawahlunto bisa melaksanakan perayaan Idul Fitri dalam keadaan Aman, Nyaman dan Damai”.

Kami atas nama kepala Pemerintahan Kota Sawahlunto beserta segenap jajaran mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443.H / 2022 M, Minal Aidin Walfaizin , Mohon Maaf Lahir dan Bathin”, tutur Walikota Deri Asta . (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.