Pemkab Solok Selatan gelar kegiatan penyusunan Masterplan Geopark Solsel, menuju Geopark Nasional

oleh -284 Dilihat

Penyusunan Masterplan Geopark Solok selatan untuk menuju Geopark Nasional digelar di Hotel Pesona Alam Sangir, Jumat (27/05/2022). 

Dibuka langsung oleh Bupati Solok Selatan H Khairunas, kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Masterplan Geopark tersebut merupakan salah satu persyaratan menjadi geopark nasional. 

Salah satu keindahan kawasan geologi yang ada di Solok Selatan adalah Goa Batu Kapal (GBK), tepatnya berada di Kecamatan Sangir Balai Janggo, yang saat ini terdaftar sebagai geopark Provinsi Sumatera Barat yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun 2021 lalu.

Selain itu, penghargaan lainnya juga telah ditorehkan Goa Batu Kapal (GBK) dalam Anugrah Pesona Indonesia (API) Award Tahun 2021 yang meraih juara II dengan kategori sorga tersembunyi.

Bupati H Khairunas dalam sambutannya menyebut kawasan GBK adalah peluang bagi Solok Selatan untuk dijadikan kawasan Geowisata, Namun, setelah beberapa kali kami meninjau langsung ke lokasi GBK, terdapat beberapa kendala yang mesti diperbaiki dan ditingkatkan, diantaranya akses jalan menuju lokasi yang masih belum memadai, pemeliharaan aset yang ada di lokasi, dan sistem pengelolaannya.

“Selain Kawasan Goa Batu Kapal, saat ini kami menfokuskan pengembangan destinasi objek wisata Hot Waterboom dan Kawasan Saribu Rumah Gadang”, tutur Bupati. 

Melalui FGD ini, Bupati Khairunas berharap, bersama – sama kita pahami kondisi yang sebenarnya kawasan geopark dan memiliki semangat yang sama untuk mengembangkan kawasan Goa Batu Kapal, baik dari pemerintah daerah maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat yang di wakili Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Drs. Doni Hendra, MM menyebut saat ini telah teridentifikasi beberapa kawasan potensi geopark yang tersebar pada beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat. 

‘’Tiga kawasan geopark yang berstatus nasional, sementara itu ada empat kawasan yang menjadi Ispiring Geopark Nasional diantaranya, Geopark Talamau, Geopark Harau, Geopark Singkarak, dan termasuk juga Geopark Solok Selatan,” jelasnya.

.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kawasan geopark terebut dikemas melalui perencanaan, dengan mempertimbangkan aspek-aspek geologi, keanekaragaman hayati dan keragaman budaya yang menyatu di dalamnya. Kemudian dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal.  Salah satu contohnya menjadikan wisata geopark kedalam ekstrakurikuler Pendidikan khusus minat untuk mengedukasi siswa.

.

Setelah FGD diharapkan akan diperoleh data-data yang diperlukan dalam penyusunqn dokumen master plan Geopark Solok Selatan khususnya dan dapat disusun langkah-langkah percepatan memacu pengembangan geopark tersebut dengan didukung oleh seluruh masyarakat dan pemerintah, pungkas Doni. 

.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Surat Keputusan Mentri ESDM RI terkait penetapan warisan geologi di Sumatera Barat yang di serahkan oleh Kadis Pariwisata Provinsi Sumbar kepada Bupati Solok Selatan H Khairunas. 

.

Turut hadir dalam acara ini, Sekdakab, Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan para pelaku wisata di setiap kecamatan se-Kabupaten Solok Selatan. (Met)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.