Kamis, Maret 28, 2024

Peringati HUT Kereta Api ke-77, KAI Daop 8 Surabaya Percepat Perjalanan KA dan Berikan Diskon Pembelian Produk Di Gerai Stasiun

Must read

Memperingati HUT KA ke-77 pada tahun 2022 ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempercepat waktu tempuh 5 Kereta Api Jarak Jauh mulai keberangkatan Rabu 28 September 2022. KA-KA yang mengalami percepatan waktu tempuh keberangkatan dari Daop 8 Surabaya yaitu KA Sembrani (Surabaya Pasarturi – Gambir PP), KA Bima (Surabaya Gubeng – Gambir PP), KA Turangga (Surabaya Gubeng – Bandung PP), KA Harina (Surabaya Pasar Turi – Bandung PP), dan KA Pasundan (Surabaya Gubeng – Kiaracondong PP).

Disamping itu, pada momentum peringatan HUT KA ke-77 ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya juga bekerjasama dengan tenant – tenant yang ada di Stasiun untuk memberikan diskon kepada para penumpang maupun pengunjung yang berbelanja atau membeli produk pada gerai yang tersedia di Stasiun.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, Percepatan waktu tempuh perjalanan merupakan inovasi yang KAI lakukan agar para pelanggan dapat tiba lebih cepat di tujuan. KAI Ingin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan sesuai dengan tema ulang tahun ke-77 KAI yaitu Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik. “Percepatan waktu tempuh KA ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan KAI pada momen HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September,” ujar Luqman.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif juga mengungkapkan, Penumpang Kereta Api atau pengunjung yang berbelanja atau membeli produk di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo, Stasiun Mojokerto, dan Stasiun Sidoarjo pada Rabu 28 September 2022 berkesempatan memperoleh diskon atau harga spesial di berbagai gerai yang telah bekerjasama untuk turut menyemarakan HUT KA ke-77 ini. Selain itu, PT KAI Daop 8 Surabaya juga bekerjasama dengan beberapa hotel yang ada Surabaya. Penumpang KA jarak jauh dan menengah, cukup menunjukkan boarding pass sesuai identitasnya untuk dapat memperoleh diskon atau harga spesial bila menginap di hotel yang telah bekerjasama dengan KAI pada program promo peringatan HUT KA ke-77 ini. Program diskon ini berlaku pada penumpang yang menginap pada Rabu 28 September 2022 hingga 3 bulan mendatang. 

Sedangkan untuk percepatan waktu tempuh perjalanan KA jarak jauh keberangkatan Daop 8 Surabaya, terdapat 5 nama KA yang mengalami penyingkatan waktu hingga 30 menit. Para pelanggan pun dapat lebih efisien menggunakan waktunya dalam melakukan mobilitas keluar kota. Berikut percepatan waktu tempuh 5 KA Jarak Jauh keberangkatan dari Daop 8 Surabaya :

-KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi – Gambir dengan jadwal keberangkatan pukul 19.25 WIB dari Stasiun Surabaya Pasarturi, sebelumnya 9 jam 32 menit, kini 9 jam 2 menit. Selisih 30 menit.
-KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir dengan jadwal keberangkatan pukul 17.30 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, sebelumnya 11 jam 35 menit, kini 11 jam 10 menit. Selisih 25 menit.
-KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dengan jadwal keberangkatan pukul 19.00 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, sebelumnya 10 jam 49 menit, kini 10 jam 19 menit. Selisih 30 menit.
-KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi – Bandung dengan jadwal keberangkatan pukul 18.10 WIB dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, sebelumnya 11 jam 12 menit, kini 11 jam 1 menit. Selisih 11 menit.
-KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong dengan jadwal keberangkatan pukul 05.50 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, sebelumnya 14 jam 1 menit, kini 13 jam 49 menit. Selisih 12 menit.

Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini dapat terwujud melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan prasarana, diantaranya pembangunan jalur ganda, peningkatan kualitas material jalan rel, meng-upgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan.

Dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, maka kecepatan maksimal perjalanan KA meningkat dari sebelumnya 105 km per jam meningkat menjadi hingga 120 km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA.

Waktu perjalanan yang semakin singkat juga berpengaruh terhadap perubahan jadwal keberangkatan KA. KAI mengimbau kepada calon pelanggan untuk mengecek dan memastikan kembali jam keberangkatan yang tertera di tiket. “Berkaitan dengan peningkatan waktu tempuh tersebut, kami himbau kepada calon pelanggan untuk memperhatikan betul jadwal keberangkatan KA mulai 28 September 2022,” jelasnya.

KAI akan terus meningkatkan pelayanan angkutan kereta api melalui berbagai inovasi. Dengan semangat bangkit lebih cepat dan melayani lebih baik, KAI terus memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

“Harapannya melalui percepatan waktu tempuh pada sejumlah kereta api tersebut, KAI akan selalu menjadi moda transportasi umum yang cepat, aman, nyaman, dan dapat selalu diandalkan oleh masyarakat,” tutup Luqman.

***

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article