Kamis, Maret 28, 2024

Danrem 032 WBr Siap Bersinergi Bangun Sumatera Barat

Must read

Padang- DM-Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto menyatakan pihaknya siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat dalam hal mendukung pembangunan daerah.

“Kita harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Sumbar untuk mensinkronkan kehadiran kami dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan”, ujarnya saat melaksanakan kunjungan perdana sekaligus bersilaturahmi di istana Gubernur, Senin (27/12/2021).

Menurut Purmanto sinergi dan kolaborasi adalah kunci keberhasilan ketika TNI melaksanakan tugas di lapangan guna membantu pemerintah daerah untuk memajukan daerah, bangsa dan negara.

Ia mengatakan nantinya tidak hanya urusan teritorial yang akan menjadi fokusnya tetapi juga akan berkolaborasi dengan masyarakat Sumbar untuk mengembangkan sektor peternakan dan pertanian.

“Mudah-mudahan ke depan terbangun hubungan yang serasi antara Korem 032/Wbr dengan pemerintah dan masyarakat di Sumbar,” ujarnya.

Kedatangan Danrem beserta rombongan disambut langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di kediamannya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi merespon baik apa yang harapkan dan di cita-cita kan oleh Korem 032/Wirabraja terhadap pembangunan di Sumbar.

Ia menjelaskan Pemprov Sumbar akan melakukan Pembinaan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dan Bumdes di Sumbar terus dipacu. Tiga strategi yang dilakukan adalah dengan pemilihan pengelola yang tepat, pemilihan bidang usaha yang sesuai dengan potensi nagari, serta pengawasan yang baik.

Terutama dalam pemanfaatan pupuk dan pakan ternak, mereka nanti akan dilatih untuk membuat pakan ternak.

“Karena menurutnya semangat nasional itu ada di nagari, untuk memanfaatkan masyarakat desa dan nagari itu akan ada Dinas PMD yang akan mengawasi,” katanya.

Tidak hanya itu banyak usahanya pun beragam, mulai dari pariwisata, perkebunan, pengelolaan bank sampah, simpan pinjam, perikanan, perdagangan hasil hutan dan penyediaan sarana produksi pertanian seperti pupuk dan racun hama.

“Semua keuntungan dari Bumnag dan Bumdes sepenuhnya menjadi pendapatan asli nagari dan desa,” sebut gubernur saat berbincang-bincang dengan Danrem.

Oleh karena itu dengan hadir kolaborasi yang baik antara pemprov Sumbar bersama sama dengan korem dapat mempercepat dalam pembangunan daerah, baik sektor pertanian maupun dalam melaksanakan tugas pokok lainya yang programkan di Sumatera Barat. Rl/Bt

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article