Sawahlunto Dapat Penghargaan Dari Mahyeldi Atas Keberhasilan Meningkatkan Status Kota Dari Berkembang Menjadi Maju

oleh -140 Dilihat

Sawahlunto, Dutametro – Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat, mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah atas keberhasilan meningkatkan status kota dari berkembang menjadi maju sesuai klasifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMD-PPA) Efriyanto, di Sawahlunto, Selasa mengatakan Kota Sawahlunto ditetapkan sebagai kota maju berdasarkan Keputusan Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes-PDTT Nomor 398/4/1/2021 tentang status kemajuan dan kemandirian desa.

“Pada 2021 ini, desa di Sawahlunto yang termasuk dalam kategori desa maju sudah ada 12 desa. Sebelumnya di 2020 baru 9 desa dan 2019 hanya 5 desa,” kata dia.

Ia menjelaskan, yang dimaksud sebagai desa maju atau desa pra sembada adalah yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup manusia dan penanggulangan kemiskinan.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyebut keberhasilan peningkatan status dari berkembang menjadi maju ini menunjukkan gerak pembangunan yang dilaksanakan sudah berjalan baik dan benar sesuai jalurnya sehingga memenuhi indikator dari pemerintah pusat.

“Bukan penghargaannya yang utama. Paling penting adalah bagaimana kinerja Pemkot dalam mendorong dan memfasilitasi desa dari berkembang menjadi maju ini yang tentunya dampak langsung itu pada masyarakat,” kata dia. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.