Jumat, Juli 19, 2024

Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Padang Panjang Resmi Dilantik

More articles

PADANG PANJANG, dutametro.com. – Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Padang Panjang Resmi Dilantik.Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang Panjang masa bakti 2024-2029 resmi dilantik Ketua Pengurus PMI Provinsi Sumatera Barat, Drs. Aristo Munandar didampingi Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si di Hall Lantai III Balai Kota, Rabu (28/2).

Pengurus PMI masa bakti 2024-2029 diketuai Herki Toni, SKM, MARS dengan enam bidang. Di antaranya Bidang Organisasi dan Kelembagaan, Bidang SDM, Diklat dan Relawan, Bidang Penanggulangan Bencana, Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial, Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Humas.

Pelantikan juga ditandai dengan pemasangan Pin PMI kepada Pelindung PMI, Pj Wako Sonny, anggota Dewan Kehormatan dan Ketua PMI. Serta penyerahan bendera PMI dari Ketua Pengurus PMI Sumbar kepada Pj Wako Sonny dilanjutkan penyerahan kepada Ketua PMI Kota Padang Panjang.

“Kami mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh pengurus PMI Padang Panjang. Sebelum dilantik, pengurus PMI ini kami lihat sudah mulai bekerja saat terjadinya erupsi Gunung Marapi,” kata Aristo.

Ia berharap semoga pengalaman mereka akan terus bertambah. “Karena tantangan di Kota Padang Panjang yaitu merupakan kota perlintasan dan juga topografinya (yang rawan) seperti adanya Gunung Marapi, pendakian Silaiang, dan Panyalaian,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan salah satu tugas PMI adalah membantu pemerintah dalam tugas kemanusiaan. Tugas ini akan selesai jika ada kolaborasi, koordinasi dan sinkronisasi. Jika ini tidak ada, tidak akan mungkin pekerjaan tersebut akan selesai dengan sendirinya.

Sementara itu Pj Wako Sonny mengatakan, kebanyakan dari pengurus PMI ini adalah ASN dan juga ada pensiunan. Ia yakin pengurus ini memiliki kepedulian dan memiliki semangat kemanusiaan yang tinggi.

Atas nama Pemko Padang Panjang, Sonny juga mengucapkan selamat. Pihaknya akan bekerja sama dan bersinergi untuk membangun kota ini sesuai dengan peran masing-masing.

“Kami sangat merasakan kehadiran PMI dalam membantu tugas-tugas pemerintah dalam penanggulangan bencana. Sangat luar biasa. Seperti waktu pandemi Covid-19, PMI melakukan penyemprotan, sterilisasi dan pemeriksaan orang yang masuk maupun keluar Padang Panjang. Juga saat erupsi Gunung Marapi, PMI bersama stakeholder terkait lainnya juga ikut turut membantu mengevakuasi korban,” tutur Sonny.

Sementara Herki Toni mengajak seluruh masyarakat untuk bergabung bersama PMI Padang Panjang untuk melakukan tugas kemanusiaan di bawah naungan kepalangmerahan Indonesia.

“Dengan jiwa semangat, rasa keikhlasan, kebersamaan, kami siap membesarkan PMI Padang Panjang. Ada beberapa PR dan program yang belum terlaksana, kami berjanji dan sepakat untuk tetap melanjutkannya,” ungkap Herki.

Ikut hadir Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Kapolres AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP dan unsur Forkopimda, kepala OPD, perwakilan PMI se-Sumatera Barat, camat, kepala sekolah, PMR dan undangan lainnya. (shintia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest