Panen Perdana padi BK Situbondo, Oleh Bupati Situbondo

oleh -74 Dilihat

Situbondo, Duta metro-Dalam kesempatannya Bupati Karna Suswandi melakukan panen perdana padi BK Situbondo calon varietas unggul baru, di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kapongan, Selasa 29/3/22 pagi.

Dalam Panen perdana tersebut,dihadiri oleh Wakil Bupati Nyai Hj. Khoirani, serta didampingi Kepala Dinas Pertanian Situbondo Hariyadi Tejo Leksono, dan juga Tim Pemulia BPP Padi Badan Litbang Kementan

Bupati situbondo menjelaskan, penanaman bibit baru ini dilakukan untuk benih baru yang berkwalitas tinggi. Yang nantinya juga akan dijadikan ikon baru Situbondo.

bibit tersebut disebutnya mempunyai banyak kelebihan. Seperti menanam hanya butuh waktu 77 hari sudah bisa panen.“Jenis bibit baru tersebut kita beri nama BK Situbondo,” jelasnya.

Lebih lanjut, bahwa dengan waktu singkat itu, berarti dalam satu tahun petani bisa melakukan penanaman empat kali. Lebih banyak dari sebelumnya yang biasanya hanya tiga kali. Dengan begitu, petani akan lebih untung.

“Bila ini tercapai maka pendapatan petani akan meningkat dan kesejahteraan petani juga akan tercapai sesuai harapan,” ucapnya.

Lebih lanjut Bung Karna mengatakan bahwa bila panen yang sudah dilaksanakan dan hasilnya sudah jelas per hektarnya, maka bibit padi BK Situbondo ini akan diberikan ke masyarakat melalui kelompok tani di 17 kecamatan secara gratis.

Selain itu, empat provinsi dengan 11 lokasi akan dijadikan tempat uji coba bibit padi BK Situbondo. Di antaranya Provensi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat juga Bali.

Nantinya Setelah sukses di 4 provinsi,terang Bupati Situbondo. pihaknya juga akan memasarkan Bibit tersebut di seluruh wilayah  Indonesia. Dengan demikian Kabupaten Situbondo akan mempunyai bibit padi sendiri yang layak jual.

” Semoga niat kita akan diridhoi oleh Allah SWT dan kami berharap seluruh OPD dan berbagai elemen mendukung penuh program ini,” tutupnya.(Sun ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.