Kamis, Maret 28, 2024

Bupati Barru Suardi Saleh Laporkan Progres Kereta Api Barru Kepada Presiden Jokowi

Must read

Barru,dutametro.com.-Bupati Barru Suardi Saleh Laporkan Progres Kereta Api Barru Kepada Presiden Jokowi.Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M. Si yang menghadiri peresmian pengoperasian Jalur KA Makassar-Parepare tiba-tiba mendapat pertanyaan mendadak dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi usai meresmikan pengoperasian Kereta Api Makassar-Parepare untuk rute Maros-Barru, dan Depo Kereta Api Maros, Sulawesi Selatan, Rabu 29/3/2023.

Saat hendak menaiki mobil berplat Indonesia-1, Presiden Jokowi tiba-tiba melempar pertanyaan singkat ke Bupati Barru Suardi Saleh yang berdiri tidak jauh dari mobil yang akan mengantar Presiden Jokowi kelokasi kunjungan beributnya.

“Daerah mana saja Pak Bupati, yang sudah dilewati jalur Kereta Api Makassar-Parepare”, tanya Jokowi ke Bupati Barru.

Dengan sikap hormat sambil mendekat, Bupati Barru dua periode itu lalu menjawab. “Ijin Pak Presiden, yang sudah dilewati Jalur Kereta Api adalah Maros, Pangkep dan Barru”, jawab Bupati.

Sejurus kemudian Bupati Barru melanjutkan penjelasan terkait Progress Pembangunan Perkeretaapian khususnya diwilayah Kabupaten Barru.

Bupati secara umum menguraikan, total panjang Rel Kereta Api di Kab Barru, mainline 42,8 KM, Sinding Garongkong 4,7 KM dengan Stasiun Tanete Rilau, Barru, Takkalasi, Mangkoso dan Palanro.

“Alhamdulillah Pak Presiden, Jalur Kereta Api yang sudah terkonstruksi di Kabupaten Barru sepanjang 47,5 KM dan sejauh ini berjalan lancar dan mendapat dukungan positif masyarakat”, jelas Bupati sembari lebih lanjut meminta arahan Presiden.

Terpisah, Bupati Barru H. Suardi Saleh mengatakan, dirinya sedikit kaget mendapat pertanyaan mendadak dari orang nomor satu di Indonesia itu. Namun dibalik itu Suardi Saleh mengaku bersyukur bisa menjelaskan secara singkat ke Presiden terkait progress Pembangunan Perkeretaapian di Kabupaten Barru.

Seperti diketahui, Jalur kereta api (KA) dari Stasiun Maros, Kabupaten Maros, sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru, Sulsel, memiliki panjang 80 kilometer dan merupakan bagian dari proyek KA Makassar-Parepare sepanjang 145 kilometer (km), yang sudah terbangun sepanjang 120 km. Yang diresmikan Presiden Jokowi, Rabu (29/3/2023) baru Jalur Maros -Barru.

(syam)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article