Senin, Juli 22, 2024

Kapolda Sumbar buka Rakernis Fungsi Binmas T.A 2024 sejajaran Polda Sumbar

More articles

Sumbar,dutametro.com.-Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH membuka rapat kerja teknis (Rakernis) Fungsi Binmas Tahun Anggaran 2024 sejajaran Polda Sumbar, Senin, 29 April 2024.

Rakernis Fungsi Binmas ini berlangsung di gedung Bagindo Aziz Chan, Padang yang dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, Ketua Abujapi Prov. Sumbar, Ketua APSI Prov. Sumbar, Pimpinan PT. Prima Karya Sejahtera, Pimpinan PT. Wiratama Jaya Perkasa, Pimpinan PT. Nutrido Nusa Kampita, Kasat Binmas dan Kanit Binmas jajaran Polda Sumbar, serta tamu undangan lainnya.

Rakernis Fungsi Binmas kali ini mengangkat tema “Peran Binmas dalam mewujudkan Kamtibmas yang Kondusif dan Presisi guna Mensukseskan Pilkada serentak Tahun 2024 di Provinsi Sumatera Barat”.

Kapolda Sumbar dalam sambutannya mengatakan, rakernis fungsi Binmas TA. 2024 sejajaran Polda Sumbar adalah sebagai langkah dalam mengevaluasi kinerja serta mempersiapkan langkah-langkah strategis guna mengimplementasikan sasaran prioritas sesuai dengan tantangan tugas yang dihadapi di lapangan.

“Melalui kegiatan rakernis ini diharapkan terjadinya perubahan sikap, tingkah laku dan paradigma di jajaran Binmas dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” sebut Irjen Pol Suharyono.

Dirinya berharap, kehadiran Binmas lebih memberi warna untuk memberikan citra Polri yang positif di tengah masyarakat seperti Polisi Bobby di Inggris dan Koban di Jepang.

Mengadopsi dari hal tersebut, Kabaharkam Polri mebuat sebuah program perubahan guna mendekatkan polisi dengan masyarakatnya seperti program Polisi RW (ada personel) yang dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam merespon setiap potensi permasalahan yang muncul ditengah- tengah masyarakat sebagai bentuk aksi deteksi dini untuk mencegah gangguan kamtibmas.

“Tentu ini adalah harapan kita semua untuk merubah paradigma Polri untuk menjadi mitra kerja masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya

Dirinya juga menyampaikan, dengan adanya Pilkada serentak tahun 2024, diharapkan jajaran Binmas juga memberikan peran yang luar biasa dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam menggunakan hak suaranya secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

Ia menyebut, dalam melaksanakan kegiatan pemeliharaan kamtibmas agar para Kasat, Kanit Binmas sejajaran Polda Sumbar memantau isu yang berkembang di tengah masyarakat mulai dari sekecil apapun.

“Lakukan deteksi dini dan deteksi aksi serta segera carikan solusi terhadap setiap permasalahan yang ada di masyarakat. Karena kita menyadari betul mencegah lebih baik dari pada mengobati,” terangnya.

Kapolda Sumbar memberikan beberapa arahan kepada jajaran Binmas untuk terus mlakukan kegiatan kepolisian untuk membantu pemerintah dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 untuk menciptakan situasi aman dan kondusif.

“Libatkan dan aktifkan terus peran orsosmas dan kommas sebagai mitra polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, penekanan untuk tidak ada yang terlibat politik praktis, dan tetap memantau situasi politik serta menjaga netralitas Polri dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024.

“Tingkatkan kerjasama dengan instansi terkait serta tokoh masyarakat dalam membantu kelancaran kegiatan masyarakat dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

“Kepada para peserta rakernis Fungsi Binmas, agar mengikuti kegiatan rakernis ini dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga dapat menjadi bekal untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024,” sambung Kapolda menambahkan.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest