Jumat, Maret 29, 2024

Kisah Joni tentang Umi, Diganjar Hadiah dari Megawati

Must read

DENGAN karya yang berjudul “Dia adalah Umi”, Joni Saputra mendapat hadiah dari Megawati Soekarnoputri. Mahasiswa Padang Panjang ini berhasil meraih prestasi untuk kategori Terbaik Utama Festival Pahlawan Desa Tingkat Nasional Tahun 2021 bertajuk “Kawal Pancasila dari Desa”.

Video yang dibuat Joni, menggambarkan sosok Umi yang sudah sepuh namun memiliki kepedulian terhadap kaum miskin dan difabel di Nagari Lasi Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Joni mengikuti lomba ini saat ia jadi mahasiswa semester akhir Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) kampus 2 di Padang Panjang.

Dengan video inilah Joni berhasil meraih prestasi untuk kategori kelompok 4, pemenang utama video pendek. Pengumuman ini sudah diketahui Joni pada 20 Agustus lalu. Hadiahnya diterima Joni hari ini, Senin (29/11) dari Megawati setelah seminggu lalu ia selesai diwisuda di UMSB.

Joni mengikuti lomba yang diadakan Badan Kebudayaan Nasional bekerja sama dengan Badan Kebudayaan Nasional DPP PDI Perjuangan dalam rangka memperingati 120 tahun Bung Karno, bulan Juli lalu.

“Lomba ini diikuti sebanyak 357 peserta dari Sabang sampai Merauke. Alhamdulillah, saya berhasil jadi terbaik di salah satu kategori,” kata Joni saat diwawancarai Kominfo via aplikasi WA.

Joni mengaku, banyak proses yang dilaluinya dalam menyukseskan festival ini. Mulai dari launching festival pada 5 Juli, pengiriman karya 5-31 Juli 2021, hingga penilaian oleh dewan juri pada 9-16 Agustus lalu. Pada 17 Agustus, tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan diumumkan 120 besar.

Joni menceritakan, setelah diraih 120 besar, dilanjutkan dengan pengumuman sebagai pemenang utama.

“Mudah-mudahan karya ini bisa menginspirasi bagi seluruh bangsa Indonesia untuk berbuat lebih terhadap masyarakat,” ucapnya. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article