Selasa, Maret 19, 2024

Sumbar Masuk Enam Besar IGA 2021

Must read

Padang, Dm-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih posisi 6 (enam) nasional penghargaan Innovative Governement Awards (IGA) dengan kategori Daerah Sangat Inovatif.

“Penghargaan ini diterima setelah kita mengirimkan 143 inovasi daerah untuk dinilai dalam penghargaan IGA tahun ini. Ini sangat membanggakan, namun Sumbar ke depan harus bisa menjadi lebih baik,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi dihubungi dari Padang, Rabu (29/12/2021).

Mahyeldi menyebut
143 inovasi yang dikirimkan itu diantaranya 80 inovasi pelayanan publik, 35 inovasi tata kelola pemerintahan dan 28 inovasi lainnya yang merupakan kewenangan daerah.

Inovasi yang dikirimkan itu hanya 55,85 persen dari total inovasi daerah yang sudah diinputkan oleh OPD (sebanyak 236 inovasi). Hal ini dikarenakan banyaknya OPD yang tingkat kematangan
inovasinya masih kurang, karena kurang lengkapnya
dokumen pendukung indikator penilaian.

“Untuk tahun depan, ini menjadi evaluasi bagi kita bersama untuk mematangkan dan melengkapi dokumen-dokumen indikator yang dibutuhkan agar kita bisa meraih hasil yang lebih baik lagi dari tahun ini,” katanya.

Mahyeldi mengatakan pihaknya juga akan memberikan penghargaan bagi beberapa OPD lingkup Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat yang
Sangat Inovatif, penyumbang terbesar Skor Indeks Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Barat sebagai pendorong bagi OPD untuk lebih menumbuhkembangkan inovasi di instansi masing-masing.

Ia berharap bahwa inovasi yang dilakukan bisa meningkatkan kualitas layanan birokrasi, memfasilitasi pemajuan tata
kelola, memantapkan kompetensi sumber dayamanusia aparatur hingga mendukung pemeliharaan
lingkungan hidup.

Penyerahan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri untuk provinsi inovatif dilakukan secara daring dan luring karena mengingat waktu pelaksanaan penyerahan penghargaan berdekatan dengan tahun baru.

Untuk penyerahan penghargaan secara luring diwakili oleh Provinsi Jambi. Dipilihnya Jambi mewakili provinsi lainnya karna baru pertama kali mencapai predikat sangat inovatif. Sedangkan Sumatera Barat sudah 5 kali berturut turut ditetapkan sebagai provinsi terinovatif.

Capaian Pemprov Sumbar itu tidak terlepas dari penugasan Gubernur kepada setiap kepala OPD untuk melaksanakan masing-masing tiga inovasi. Rel/ Bt

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article