Minggu, Juli 21, 2024

Budidaya Ikan Dengan Keramba Sungai Berkurang , Pencemaran Lingkungan di Duga Jadi Penyebab Turunya Hasil Panen

More articles

PULANG PISAU,dutametro.com.-Budidaya ikan dengan yang dikelola masyarakat nelayan dengan menggunakan keramba ( Kandang ikan ) di pesisir sungai Kahayan Kabupaten Pulang Pisau saat ini jauh berkurang, diduga hal itu tidak terlepas dari pencemaran air Das Kahayan yang menjadi faktor menurunya Hasil penen budidaya ikan di sungai.

Kepala Dinas Perikanan Pulang Pisau Yudady Ismael mengatakan kepada media ini menyebutkan bahwa salah satu faktor berkurangnya masyarakat nelayan yang memanfaatkan keramba sungai sebagai sarana budidaya ikan sugai akibat adanya indikasi pencemaran lingkungan diarea sungai itu sendiri.

” Pencemaran air sungai Itu dugaan kita menjadi penyebab berkurangnya budidaya ikan dengan keramba di sungai ” ucapnya, Selasa 30/04/2024.

Ia menjelaskan, penurunan hasil budidaya ikan ini kuat dugaan akibat kualitas air sungai yang tidak baik, sehingga membuat minat para pembudidaya ikan kurang berminat memanfaatkan jalur sungai melalui sistem keramba alamiah.

“Saat ini kualitas air sungai kita sudah tercemar akibat kerusakan lingkungan yang disengaja maupun tidak disengaja sehingga berimbas pada produktivitas bagi pembudidaya ikan,” jelasnya.

Ia menyebut, sebagai contoh, kuat dugaan terkait pencemaran air sungai akibat adanya limbah dari perusahan-perusahaan, red), yang limbahnya terbawa hanyut ke perairan sungai besar (DAS Kahayan).

“Akibatnya terjadi pencemaran air sungai sehingga menjadi kendala untuk kesuburan dan pengembangbiakan ikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain dampak dari pencemaran lingkungan, dalam hal ini masih banyak kurangnya kesadaran masyarakat dengan melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap yang dilarang oleh pemerintah, seperti disetrum dan diracun.

“Tetapi kadar tingkat kerusakan perairan kita belum tahu persis sejauh mana. Namun, kami terus berupaya dan bersinergi dengan beberapa pihak terkait untuk mengembalikan kondisi kualitas perairan yang baik, dengan harapan para pembudidaya ikan baik di kolam maupun keramba hingga memiliki hasil yang produktif,”Pungkasnya.( R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest