JDP Minta Kapolda Papua Barat Untuk Tingkatkan Keamanan Dan Perlindungan Bagi Warga

oleh -81 Dilihat
Juru Bicara Jaringan Damai Papua (JDP) Yan Christian Warinussy, SH dalam keterangan melalui pesan WhatsApp (Dok Azis)
Jaringan Damai Papua (JDP) dengan hormat menyerukan kepada Kapolda Papua Barat Irjen Pol T.M.Daniel Silitonga dan jajarannya yang telah meningkatkan status keamanan di wilayah Maybrat ke siaga 1 (satu) agar senantiasa mengedepankan pendekatan damai.

Pendekatan damai dimaksud adalah untuk memberi perlindungan pertama dan utama bagi warga sipil di wilayah tersebut serta tetap mengedepankan langkah penegakan hukum.

Dalam wilayah2 konflik sebagaimana halnya Maybrat dan sekitarnya senantiasa warga sipil dan atau rakyat Papua menjadi pihak yang selalu menjadi korban atau dikorbankan dalam konflik bersenjata antara pemerintah Indonesia yang diwakili TNI dan Polri dengan kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN PB) yang seringkali disebut sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal ini disampaikan Juru Bicara Jaringan Damai Papua (JDP) Yan Christian Warinussy, SH dalam keterangan melalui pesan WhatsApp, diterima dutametro, jumat ( 30/12 ).

Bahkan terkadang ada warga sipil yang kemudian ditangkap dan diproses hukum hingga dihadapkan ke pengadilan untuk mempertanggung jawabkan peristiwa hukum yang belum tentu mereka sendiri terlibat dan atau mengetahuinya sekalipun. Pasca kasus penyerangan Pos Koramil Persiapan Di Kisor setahun yang lalu memberi banyak pelajaran mengenai hal tersebut.

Sehingga JDP senantiasa memberi saran agar tujuan peningkatan status keamanan menjadi siaga 1 (satu) di Maybrat tidak kemudian menjadi alasan pembenar untuk mengambil tindakan fisik bahkan kekerasan bersenjata yang menempatkan rakyat sipil sebagai korban.

Namun benar-benar mampu menangkap dan memproses hukum mereka-mereka yang telah ditempatkan nama dan identitasnya pada Daftar Pencarian Orang (DPO) dari Polda Papua Barat dan jajarannya di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat daya sebagai wilayah hukum Polda Papua Barat. ( abdul azis )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.