Senin, Maret 27, 2023
No menu items!

Gubernur Rohidin Terima Gelar Pangeran ‘Wira Mandala’ dari Kesultanan Palembang Darussalam

Must read

Bengkulu, DM – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dianugerahi gelar pangeran Wira Mandala Rohidin Mersyah dari Kesultanan Palembang Darussalam. Gelar ini diberikan langsung oleh Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin di Balai Raya Semarak Bengkulu pada Senin malam, (30/1/2023).

“Dengan Gelar kebangsawanan ini, yang bersangkutan (Pangeran Wira Mandala Rohidin Mersyah) secara resmi masuk dalam keluarga besar kesultanan Palembang Darussalam,” terangnya usai menyerahkan pin dan keris.

Lanjut Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, gelar Pangeran Wira Mandala memiliki arti yaitu Wira berarti pemimpin atau pahlawan dan Mandala adalah kekuasaan atau teritorial. Jadi ini sesuatu yang sangat luar biasa, Gubernur Rohidin Mersyah dianggap seorang pemimpin yang mampu menaungi seluruh rakyatnya.

“Kesultanan Palembang Darussalam yakin gelar Pangeran Wira Mandala Rohidin Mersyah adalah seorang pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi rakyatnya,” jelas Sri Sultan Mahmud Badaruddin yang juga sebagai Ketua Umum Yayasan Sultan Raja Nusantara (YARASUTRA)

Sementara itu, Gubernur Rohidin Mersyah mengungkapkan, Gelar Kehormatan seperti ini memiliki nilai tersendiri dan sungguh patut untuk diapresiasi sehingga memunculkan semangat dan tanggung jawab ketika sudah menjadi keluarga besar Kesultanan Palembang.

“Tentu kita perlu menjaga jati diri, marwah dan eksistensi dari Kesultanan Palembang darussalam,” ucap Pangeran Wira Mandala Rohidin Mersyah.

Selanjutnya, Bengkulu dan Kesultanan Palembang tentu memiliki hubungan sangat erat sejak zaman dahulu kala. Dan di era sekarang, terus terjalin dengan keberadaan Zuriat Bangsawan Palembang Darussalam (ZBPB) yang mengisi pada berbagai profesi di Bengkulu.

“Eksistensi peran dan kontribusi Zuriat Bangsawan Palembang Darussalam di Bengkulu sangat membantu dalam kemajuan daerah dengan peran dan fungsinya yang luar biasa di Bengkulu,” ungkap Rohidin. (rls/mc)

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article