Aksi Literasi dan Bakti Sosial IKAMANDUPA di Taratak Sungai Lundang

oleh -63 Dilihat
Gerakan Literasi IKAMANDUPA dan Rumah Baca di Nagari Taratak Sungai Lundang (Dok Nov)
Ikatan Alumni MAN 2 Padang (IKAMANDUPA) melaksanakan Bakti Sosial Masyarakat di Nagari Taratak Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Sumbar) pada 23-25 Desember 2022.

Bakti Sosial yang merupakan program alumni MAN 2 Padang ini mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Nagari Taratak Sungai Lundang, terutama remaja dan anak-anak, yang terlibat langsung dalam kegiatan literasi dan aneka permainan kreatifitas.

Menurut Ketua Panitia Bakti Sosial IKAMANDUPA 2022 Gilang Gardhiolla Gusvero, kegiatan literasi yang dilaksanakan adalah menyerahkan bantuan 279 judul buku kepada nagari, untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. Dengan adanya penyerahan buku ini akan mendorong pemerintahan nagari dan masyarakat untuk memprakarsai pendirian ruang literasi atau Rumah Baca.

Penyerahan buku dan Al Qur’an yang berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar serta donasi dari Alumni MAN 2 Padang Lintas Generasi itu, dilakukan Gilang Gardhiolla Gusvero kepada Pengurus Mesjid Darul Qadim Buya Angku Pelita, disaksikan oleh tokoh masyarakat, peserta Bakti Sosial IKAMANDUPA dan remaja serta anak-anak Nagari Taratak Sungai Lundang.

Selain Aksi Literasi, Bakti Sosial IKAMANDUPA juga menyerahkan satu unit komputer baru untuk Rumah Baca, yang ditempatkan di Rumah Tabuah, sebuah bangunan cagar budaya di Nagari Taratak Sungai Lundang. “Kita harapkan Rumah Baca ini sebagai pusat aksi literasi dan kegiatan kreatif positif lainnya di nagari ini,” kata Al-Qanit Qurba Alumni IKAMANDUPA.

Bakti Sosial selama tiga hari ini juga diisi dengan diskusi tentang pendidikan, arahan tentang minat dan bakat remaja, Lomba Pacu Karung, sepakbola antar tim kampung, serta Lomba Gambar Tulis Alam (Gatula). Semua lomba kreatif itu disediakan hadiah berupa bingkisan yang berasal dari sumbangan para Alumni MAN 2 Padang.

Wali Nagari Taratak Sungai Lundang Hadis Hermanto memberi apresiasi atas kegiatan Bakti Sosial IKAMANDUPA di nagarinya, sehingga dapat memberikan motivasi kepada remaja yang ada, termasuk aksi cerdas literasi yaitu mendorong pendirian Rumah Baca, yang akan menjadi pusat kegiatan kreatif positif dari generasi muda Taratak Sungai Lundang.

“Pilihan Bakti Sosial IKAMANDUPA ke Nagari Taratak Sungai Lundang ini membuat kami sangat terharu. Nagari kami yang tersuruk dan tidak ada sinyal handphone, tetapi dipilih oleh adik-adik IKAMANDUPA, dan mereka sangat bergembira dengan masyarakat disini,” kata Hadis Hermanto.

Sementara itu Alumni IKAMANDUPA Abdul Karim Amrullah menyampaikan terima kasih dari Panitia Bakti Sosial kepada semua alumni yang telah ikut membantu, baik secara moril maupun materil, sehingga kegiatan Bakti Sosial IKAMANDUPA tahun 2022 di Nagari Taratak Sungai Lundang ini dapat terlaksana dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk generasi muda dalam menggerakkan Gemar Membaca serta Aksi Literasi.

Rencana di tahun 2023 akan dilaksanakan Bakti Sosial IKAMANDUPA dengan lokasi lain dengan tema yang berbeda pula. “Tema serta aksi Bakti Sosial IKAMANDUPA akan disesuaikan dengan lokasi dan kebutuhan masyarakat setempat,” tambah Gilang Gardhiolla Gusvero, mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Imam Bonjol ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.