Jumat, Oktober 18, 2024

5 Juli Alek Nagari Di Gelar di Pabrik Indarung 1

More articles

Padang,dutametro.com.-5 Juli Alek Nagari Di Gelar di Pabrik Indarung 1.Sesuai Jadwal Pada 5 Juli 2023, warga Lubuk Kilangan akan disuguhi sebuah atraksi tradisi; bantai jawi dan penandatanganan Pakta Integritas. Kegiatan akan berlangsung di Pabrik Indarung I PT Semen Padang.

“Bantai kabau merupakan bentuk syukur warga Lubuk Kilangan atas ditetapkannya Pabrik Indarung I sebagai warisan budaya benda tingkat nasional,” ujar Ir Edwar, ketua pelaksana alek.

Seperti diketahui, pada 27 Februari lalu Pemerintah RI melalui Kemdikbudristek menetapkan Pabrik yang didirikan sejak 1910 sebagai salah satu warisan budaya benda. Pengusulan ini dimulai oleh Indarung Heritage Society (IHS) dengan terus berkonsultasi dengan walikota Padang dan jajarannya untuk menjadikan warisan budaya benda Kota Padang.

“Pengusulan itu kami lakukan sejak Februari 2022,” ujar Aidil Usman, Ketua IHS.

Kemudian, pengusulan ini baru terlaksana menjelang akhir tahun. Dilanjutkan dengan Warisan Budaya Benda tingkat provinsi dan terus ke tingkat nasional. HIS kemudian melakukan kolaborasi dengan anggota DPR RI Komini VI, Rieke Dyah Pitaloka serta pihak perusahaan PT Semen Padang untuk mempercepat proses tersebut.

“Alhamdulillah, sudah terwujud. Tinggal langkah berikutnya. Menuju warisan budaya budaya Unesco,” tambah Aidil.

Namun, permasalahan masih menggelayuti pabrik yang berhenti berproduksi pada 1999 lalu. Terutama literasi pada masyarakat. Bahwa pentingnya menjaga pabrik itu dari vandalism.

“Itu pentingnya pakta integritas,” tukuk Edwar, “Kami ingin mengumpulkan pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyelesaikan masalah ini.”

Panitia mengajak ninik mamak KAN Lubuk Kilangan untuk ikut berpartisipasi. Gayung bersambut, KAN memberikan dukungan penuh. Bersama panitia, lalu menghadap pada pihak perusahaan. Mereka diterima oleh Indrieffouny Indra, Direktur Produksi dan jajarannya pada 22 Juni lalu. Pihak perusahaan pun mau menjadi penanggung jawab acara dan memberikan dukungan terhadap kegiatan.

“Sekaligus, kami meminta stakeholder di kanagarian untuk ambil bagian edukasi dan pencegahan pencurian tersebut. Apalagi dalam perhelatan Alek Nagari, tentu akan didatangi oleh banyak manusia. Penekanan dibagian keamanan baik pabrik maupun keselamatan pengunjung,” kata Indra.

Helat ini menjadi besar karena diusahakan mendatangkan pejabat dari Jakarta. Helat ini juga mengikutsertakan Bundo Kanduang, ormas, sanggar seni, serta ratusan warga yang terlibat langsung.

“Ini bisa menjadi harapan baru bagi masyarakat untuk menjadikan Lubuk Kilangan lebih baik terutama di sektor ekonomi,” ujar Basri Datuak Rajo Usali, Ketua KAN Lubuk Kilangan.

Rajo Usali juga mengingatkan, acara ini akan jadi pemersatu seluruh sektor di Lubuk Kilangan. Ia melihat, jika pihak-pihak terkait tidak dapat memberikan bantuan, ia tidak tau lagi dengan cara apa mempersatukan warga Lubuk Kilangan. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest